Jakarta (ANTARA News) - Tak ada satupun kader Partai Amanat Nasional (PAN) selain Hatta Rajasa untuk maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2014 mendatang.

"Dia (Hatta Rajasa) harus maju jadi capres karena beliau adalah kader paripurna, punya pengalaman segudang. Hatta telah melalui proses pengkader secara struktural  dan komitmennya untuk bangsa ini sangat besar. Tak ada kader lain selain Hatta Rajasa yang akan diusung oleh PAN sebagai capres," tegas Ketua Badan Pemenangan Pemilu PAN Viva Yoga Mauladi di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu,

Ia juga menegaskan, untuk mengusung Hatta Rajasa sebagai capres, tak perlu dilakukan survei internal.

"Gak perlu survei sama sekali karena sudah jelas siapa yang diusung PAN," kata anggota Komisi IV DPR RI itu.

Viva menyatakan, pengalaman Hatta Rajasa selama empat periode menjadi menteri merupakan modal utama. Selain itu, Hatta juga memang sosok yang memiliki komitmen tinggi serta kepedulian kepada masyarakat.

"Respon di bawah sangat bagus dan mendukung serta  berharap Hatta harus maju," kata dia.

Untuk bisa mendukung pencalonan Hatta tersebut tentu dibutuhkan dukungan suara partai yang signifikanm

"DPP PAN telah melakukan penetapan bakal calon legislatif agar bisa memenangkan Pemilu 2014 dengan capaian suara yang signifikan untuk menunjang Hatta Rajasa menjadi capres," kata Viva.

Ditambahkan, para bakal caleg itu diharuskan bekerja keras mengenal daerah pemilihannya, melakukan konsolidasi partai dan menerapkan program-program partai

"Para bakal caleg harus mampu memenangi pemilu di dapil masing-masing karena PAN menargetkan 10 persen suara Pemilu 2014. Mereka bertanggung jawab atas target yang telah ditetapkan DPP PAN, kata Viva.

Sementara Wakil Ketua Umum PAN Dradjad Wibowo mengatakan, dari hasil survei internal partai, Hatta tak tertandingi.

"Insya Allah, kita jalan terus mendukung Pak Hatta sebagai calon presiden," ujat Dradjad. (zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011