Washington (ANTARA News/AFP) - Sebuah kendaraan alat berat, yang digunakan untuk memperbaiki menara utama Gereja Katedral, terguling pada Rabu (7/9) hingga mengakibatkan kerusakan di situs gereja paling terkenal di Ibu Kota AS itu.

Crane yang biasa digunakan dalam proyek konstruksi bangunan tersebut berada di Katedral Nasional Washington untuk memperbaiki menara utama gereja, yang rusak akibat gempa bumi berkekuatan 5,9 SR, yang mengguncang wilayah Virginia, AS, 24 Agustus lalu.

Juru bicara Katedral mengatakan kepada AFP bahwa tiang crane itu jatuh sekitar pukul 10.55 waktu setempat, dan menimpa dua bangunan yang berdekatan di halaman gereja. Kedua bangunan tersebut adalah pastoran gereja, yang digunakan sebagai kantor Keuskupan, dan Cathedral`s Herb Cottage, toko cinderamata ternama.

Pejabat Gereja Katedral mengatakan tidak ada korban luka akibat kecelakaan tersebut. Gereja itu juga belum bisa memastikan biaya kerugian akibat kerusakan itu.

Katedral ternama yang berusia satu abad tersebut digunakan sebagai tempat untuk misa pemakaman dan pelantikan kepresidenan. Gereja yang terletak di pusat kota Washington itu juga menjadi tempat penyelenggaraan ibadah dalam memperingati sejumlah tragedi nasional.

Pada saat kecelakaan terjadi, perbaikan tahap akhir pada bangunan Katedral yang rusak akibat gempa 23 Agustus sedang berlangsung. Menurut rencana, gereja itu akan menyelenggarakan misa khusus, yang akan dihadiri Presiden Barack Obama, untuk memperingati tragedi serangan 11 September 2011.

Hingga saat ini masih belum dipastikan apakah misa peringatan tersebut akan diselenggarakan di tempat lain karena kecelakaan itu.
(ANT/SDP-05)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011