kami sudah antisipasi dengan menyiagakan minimal 10 personel Satgas Pohon. Selain itu, ada dua unit truk dam disiagakan
Depok (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok (DLHK) Kota Depok, Jawa Barat, menyiagakan Satuan Tugas (Satgas) Pohon, termasuk armada berupa truk dam untuk mengevakuasi jika ada pohon tumbang.

Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok, Indra Kusuma dalam keterangannya di Depok, Selasa, mengatakan cuaca akhir-akhir ini cukup ekstrem.

"Untuk itu kami sudah antisipasi dengan menyiagakan minimal 10 personel Satgas Pohon. Selain itu, ada dua unit truk dam disiagakan untuk mengevakuasi pohon tumbang," katanya.

Baca juga: KPPPA: Paham perlindungan anak berperan pulihkan psikis korban

Dikatakannya, pihaknya siaga 24 jam dalam menerima laporan masyarakat terkait adanya pohon tumbang maupun pohon yang membahayakan.

Menurut dia, cuaca ekstrem susah diprediksi sehingga masyarakat diimbau tetap waspada ketika berada di perjalanan.

"Kami tidak bisa prediksi cuaca dan pohon rawan tumbang. Pohon yang teridentifikasi sehat, bisa saja roboh akibat kekuatan angin yang kencang. Kami juga sudah memberikan rambu sejumlah pohon rawan tumbang di beberapa lokasi," katanya.

Baca juga: KPPPA: Kekerasan terhadap anak tidak serta merta cabut KLA Depok

Indra meminta masyarakat untuk tanggap dan melaporkan jika ada potensi pohon tumbang. Mengingat hujan lebat dan angin kencang masih mengintai beberapa wilayah, tidak terkecuali Kota Depok.

Dalam sepekan terakhir ini Kota Depok dilanda hujan deras dan angin kencang yang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang.

Baca juga: Bappeda: Jumlah penduduk miskin Depok terendah ketiga di Indonesia

Pantauan ANTARA, Selasa sore pohon tumbang itu terjadi di Jalan Siliwangi atau tepatnya sebelum Jembatan Panus. Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Juanda.

Akibat pohon tumbang tersebut arus lalu lintas menjadi tersendat karena batang pohon tersebut menghalangi jalan. Namun petugas yang telah bersiaga dengan cepat memotong batang pohon tumbang tersebut sehingga arus lalu lintas lancar kembali.

Baca juga: BMKG minta masyarakat waspadai hujan disertai kilat di Jaksel-Jaktim

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022