Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono berjanji terus berupaya melengkapi fasilitas dan sarana prasarana di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Lampung.

Yudo menyampaikan janji itu saat menemui prajurit TNI AL secara langsung di Lanal Lampung setelah meresmikan Gedung Markas Komando (Mako) Lanal Lampung Caligi di Pesawaran, Selasa.

Dalam kesempatan itu, Yudo juga berpesan ke jajarannya untuk menjaga seluruh sarana dan prasarana termasuk di antaranya Gedung Mako Lampung Caligi, yang telah diserahterimakan dari Kepala Dinas Fasilitas Pangkalan Angkatan Laut (Kadisfaslanal) Laksma TNI Agus Santoso ke Komandan Lanal Lampung Kolonel Laut (P) Nuryadi akhir tahun lalu (22/12).

Yudo, sebagaimana dikutip dari siaran tertulis Dinas Penerangan TNI AL yang diterima di Jakarta, menerangkan sarana dan prasarana itu merupakan aset negara yang dibangun dengan uang rakyat. Dengan demikian, prajurit TNI AL wajib menjaga, merawat, dan mengelola sarana dan prasarana tersebut.

Dalam acara peresmian Gedung Mako Lanal Lampung Caligi, Laksamana Yudo berharap bangunan baru itu dapat memberi manfaat tidak hanya untuk prajurit tetapi juga rakyat di sekitarnya.

“Di mana pun berada, kita harus bermanfaat sebesar-besarnya bagi rakyat,” kata Kasal ke jajarannya saat acara peresmian.

Gedung Mako Lampung Caligi merupakan bangunan perkantoran berlantai dua yang luasnya 990 meter persegi. Bangunan itu berdiri di atas lahan seluas 192 hektare.

Usai meresmikan bangunan baru itu, Kasal menyempatkan diri berkeliling dan memeriksa sejumlah fasilitas Gedung Mako Lanal Lampung Caligi.

Laksamana Yudo dalam kegiatan itu turut didampingi oleh Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono, Inspektur Jenderal TNI AL Laksda TNI Sunaryo, Asrena Kasal Laksda TNI Abdul Rasyid K, Aslog Kasal Laksda TNI Puguh Santoso, Askomlek Kasal Laksda TNI ING Sudihartawan, Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah, Pangkolinlamil Laksda TNI Erwin S. Aldedharma, Keinkopal Laksda TNI Joko Sutrisno, serta Koorsmin Kasal Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo.

Rangkaian kunjungan kerja Kasal di Lampung berlanjut ke Markas Brigif 4 Mar/BS. Di tempat itu. Yudo memeriksa rumah dinas prajurit Brigif 4 Mar/BS dan lanjut menanam padi di Yonif 9 Mar.

Baca juga: Kasal minta prajurit tangkap PMI ilegal sebelum diberangkatkan
Baca juga: Kasal sebut pemindahan Koarmada I pantau pergerakan LCS

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022