pelaku UMKM akan diberikan edukasi terkait teknologi digital dan pengembangan ide bisnis
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Pelaksanaan Women 20 (W20) yang digelar di Kota Batu, Jawa Timur, menjadi ajang promosi sektor wisata kepada dunia internasional dan memulai program inkubasi bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di wilayah tersebut.

Co-chair W20 Dian Siswarini di Kota Batu, Selasa malam mengatakan dipilihnya Kota Batu sebagai tuan rumah "side event" ke-2 W20, bertujuan untuk memperkenalkan kota-kota di Indonesia yang memiliki potensi wisata, kepada dunia.

"Memang ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Tentu pertama, kami ingin memperkenalkan kota-kota di Indonesia ke seluruh dunia," kata Dian.

Dian menjelaskan, rangkaian side event W20 tersebut, sebelumnya telah dilaksanakan di Likupang, Sulawesi Utara dan dilanjutkan di Kota Batu, Jawa Timur. Kemudian, rangkaian W20 akan dilanjutkan di Banjarmasin Kalimantan Selatan, Papua dan Danau Toba Sumatera Utara.

"Karena memang kita lihat, ada kota yang luar biasa di Indonesia, dan (Indonesia) bukan hanya Bali. Oleh sebab itu, kemarin pertama kali di Likupang, kemudian Batu, nanti di Banjarmasin, Papua, dan Toba. Ini untuk keperluan tourism," ujarnya.

Ia menambahkan perhelatan W20 di Kota Batu  dengan tema Women Enterpreneurs as Key to Economic Inclusion akan memfokuskan pada pengembangan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) perempuan melalui program inkubasi.

Para pelaku UMKM perempuan di Kota Batu didorong untuk mengikuti program inkubasi yang telah disiapkan dalam rangkaian gelaran W20.

Dalam program itu, pelaku UMKM akan diberikan edukasi terkait teknologi digital dan pengembangan ide bisnis.

"Ide bisnis terbaik akan diberikan modal kerja. Jadi ini dampak nyata untuk para masyarakat yang ada di Kota Batu. Selain mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai bisnis, mereka juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan modal usaha," katanya.

Pada pelaksanaan Internasional Women 20 dalam Presidensi G20 Indonesia 2022, ada empat tema besar yang diangkat, yakni mendorong kesetaraan, keamanan, dan kesejahteraan dengan menghapus diskriminasi yang menghambat partisipasi perempuan dalam perekonomian.

Kemudian, mencapai inklusi ekonomi dengan mendukung UMKM yang dimiliki dan dikelola oleh perempuan, mengatasi kerentanan untuk meningkatkan ketahanan yang fokus pada perempuan penyandang disabilitas dan perempuan pedesaan, serta kesehatan yang adil secara gender.

Misi utama W20 adalah untuk mempengaruhi komitmen tingkat tinggi pada pemberdayaan perempuan dan kesetaraan untuk agenda perempuan di G20, menempatkan isu perempuan di pusat diskusi global di jalur pemulihan ekonomi pasca-COVID 19.

Adapun agenda kegiatan W20 Indonesia, akan berlangsung di sejumlah kota di Indonesia, seperti Likupang, Batu, Banjarmasin dan Manokwari, sebagai upaya untuk menunjukkan kesetaraan gender dan keterwakilan perempuan di berbagai tempat di Indonesia.
Baca juga: W20 bangun sinergi pemberdayaan UMKM perempuan berkebutuhan khusus
Baca juga: Teten: Perempuan merupakan pemain utama keberlanjutan bisnis UKM
Baca juga: Menteri PPPA dorong UMKM perempuan terus berkembang di tengah pandemi


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022