Selaku operator bandara, tentunya kami di Bandara Lombok menyambut baik kebijakan terbaru ini
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat menyatakan pelaku perjalanan udara yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua atau vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak lagi diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes usap RT-PCR atau antigen.

"Selaku operator bandara, tentunya kami di Bandara Lombok menyambut baik kebijakan terbaru ini," kata PTS General Manager Bandara Lombok Nugroho Jati dalam keterangan tertulis di Praya, Lombok Tengah, Rabu.

NTB sendiri, kini sedang bersiap melaksanakan ajang MotoGP di Mandalika.

Kementerian Perhubungan secara resmi menerbitkan kebijakan penghapusan syarat berupa hasil tes negatif RT-PCR dan antigen bagi pelaku perjalanan dengan transportasi udara dalam negeri yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua atau dosis ketiga (booster).

"Hal ini tertuang dalam Surat Edaran No. 21/2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi COVID-19," katanya.

Sedangkan untuk pelaku perjalanan yang baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama, wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam atau hasil negatif tes cepat antigen dalam kurun waktu 1 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

“Untuk pelaku perjalanan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit penyerta yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi, wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam atau 'rapid test' antigen diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan dan melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah,” katanya.

Sementara bagi pelaku perjalanan usia di bawah 6 tahun, dapat melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan dan tidak diperlukan syarat hasil tes RT-PCR maupun tes cepat antigen.

Dengan pelonggaran persyaratan ini, pihaknya tetap mengimbau pengguna jasa bandara untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mencuci tangan baik dengan menggunakan sabun atau "hand sanitizer".

“Kami percaya, kebijakan ini akan memberikan dampak yang sangat positif terhadap peningkatan pergerakan penumpang dan pergerakan pesawat di Bandara Lombok, sehingga akan mampu mendorong pemulihan ekonomi dan pariwisata secara berkelanjutan,” demikian Nugroho Jati.

Baca juga: Tarif layanan tes RT-PCR di Bandara Internasional Lombok turun

Baca juga: Presiden minta vaksinasi di Lombok Tengah 100 persen sebelum MotoGP

Baca juga: Bandara Lombok NTB mulai berlakukan tes GeNose C19


Baca juga: Sebelum MotoGP, NTB genjot vaksinasi kejar target 80 persen

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022