Jakarta (ANTARA) -- Aplikasi kasir sekarang ini telah menjadi kebutuhan untuk menjalani bisnis. Karena kemajuan jaman maka penggunaan aplikasi bisa menunjang bisnis.

Meningkatkan kemudahan dan mobilitas tentu menjadi faktor kunci agar perusahaan bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Langkah awal untuk meningkatkan efisiensi operasional adalah dengan menggunakan software.

Aplikasi kasir yang disebut sebagai POS (Point of Sale). Pasti kamu sudah tahu dong bagaimana peran kasir dalam sebuah perusahaan. Yup mereka adalah ujung tombak pemasukan dari sebuah bisnis. Sehingga memerlukan tenaga kerja khusus.

Aplikasi berperan penting dalam pengelolaan bisnis atau usaha seperti toko, di mana hal-hal seperti catatan penjualan hingga ketersediaan stok, dapat dipantau dan dikelola via aplikasi ini. Sehingga dengan menggunakan aplikasi kasir pekerjaan bisa dilakukan dengan maksimal.

Namun sekarang ini aplikasi kasir pun banyak tersedia sehingga membuat bingung orang yang ingin menggunakannya, karena itulah ada 6 aplikasi kasir yang direkomendasikan untuk pembisnis pemula:

1. Majoo
Aplikasi kasir yang pertama adalah Majoo, Sebuah aplikasi kasir karya anak bangsa yang memberikan kemudahan dalam mencatat dan membukukan laporan uang masuk dan keluar untuk operasional perusahaan atau toko.

Majoo merupakan aplikasi wirausaha lengkap, dalam aplikasi tersebut terdapat banyak fitur sebagai solusi semua jenis usaha. Aplikasi berbayar ini menawarkan banyak manfaat bagi penggunanya. Tetapi satu harga untuk semua kebutuhan wirausaha.

Terdiri dari aplikasi kasir online, aplikasi inventori, aplikasi keuangan dan akunting, aplikasi absensi dan karyawan, aplikasi CRM, serta aplikasi analisa bisnis.

Penggunaan Aplikasi kasir di Surabaya, Jakarta, Medan, dan beberapa kota besar di Indonesia telah membuktikan bahwa aplikasi ini mampu memberikan kemudahan dan efisiensi waktu pengerjaan.

Aplikasi kasir berbasis online dengan kemampuan multi kasir multi cabang multi gudang. Dilengkapi dengan navigasi berbeda untuk setiap jenis usaha sehingga bisa mencatat semua jenis order (bungkus delivery dll), operasional meja (gabung pisah pindah), pencatatan alur jasa (barang diterima diproses selesai dan diambil), serta mencatat komisi karyawan.

Menerima semua jenis pembayaran tunai, e-wallet dan edc. Lengkap dengan fungsi penting operasional penjualan, seperti buka/tutup kasir, kontrol void dan refund, pisah/gabung bayar, pembayaran cicilan, dll.

2. Vend
Aplikasi kasir yang selanjutnya adalah Vend yang popularitasnya tidak perlu diragukan lagi. Aplikasi ini digunakan di banyak toko di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Vend bisa digunakan secara gratis dengan opsi berbayar via berlangganan untuk fitur lebih lengkap dan penggunaan jangka panjang.

Melalui Vend, pengguna dapat mengelola pembayaran hingga mendapat laporan keuangan dengan lebih mudah. Ini juga bisa digunakan secara offline dengan records bakal secara otomatis tersimpan di cloud ketika sudah terhubung kembali ke internet.

Sehingga tidak salah jika Vend sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin memulai bisnis.

3. TruePOS
Selanjutnya adalah authentic POS, aplikasi kasir asal India yang hadir dengan dua versi aplikasi berbeda. Yang pertama bisa digunakan secara cuma-cuma namun lebih direkomendasikan untuk usaha kecil atau menengah. Alasannya, versi gratis hanya bisa mendukung satu mesin kasir dengan maksimal transaksi di angka 100 setiap bulan.

Sementara versi berbayarnya, membuka limitasi yang dimiliki versi gratis sehingga pas untuk usaha besar. True POS sendiri berbasis internet namun dapat diintegrasikan dengan pc maupun mesin kasir, plus bisa menyimpan data penjualan ketika tidak ada koneksi internet.

4. Olsera POS
Olsera POS merupakan aplikasi kasir yang diklaim jadi satu-satunya yang dapat membantu UMKM karena menawarkan biaya berlangganan yang cukup terjangkau. Meski berbayar, Olsera juga memiliki versi gratis atau Lite, namun tentu dengan beberapa keterbatasan.

Sama seperti Vend, Olsera juga mendukung pengguna offline dengan sinkronisasi otomatis ketika kembali online. Karena berbasis cloud, pengguna Olsera jadi bisa mengelola bisnis mereka termasuk mengetahui laporan langsung di mana pun dan kapanpun. Ini juga tersedia di hampir semua platform seperti Android, iOS dan juga computer.

5. Omega POS
Omega POS merupakan aplikasi kasir bagian dari sebuah platform bernama Omegasoft. Aplikasi yang satu ini hadir dengan banyak keunggulan termasuk sistem yang mudah untuk dipelajari, dashboard dengan laporan records yang lengkap dan dukungan untuk manajemen stok sehingga pengguna bisa memperbarui stok produk mereka dengan lebih mudah.

Sama seperti Olsera POS, Omega berbasis cloud yang memberi keuntungan ketika usaha pengguna mulai berkembang menjadi banyak cabang. Omega bisa dicoba selama 14 hari (free trial) dengan opsi berlangganan untuk penggunaan jangka panjang.

6. Kasir Pintar
Kasir Pintar merupakan aplikasi kasir terakhir di daftar ini yang cocok untuk segala jenis bisnis. Aplikasi ini menawarkan dua versi, gratis dan pro.
Versi gratis tentu tidak lebih baik dari versi berbayar di mana pengguna hanya bisa manajemen produk mereka untuk 1000 item, membuat laporan penjualan standar dan struk dengan watermark.

Sementara versi berbayar, menghapus keterbatasan itu dan memberi pengguna fitur ekstra lainnya seperti memantau aktivitas login staf, mencatat pembelian barang dari provider dan manajemen arus kas yang lebih lengkap.

Itulah beberapa ulasan terkait dengan aplikasi kasir yang dapat kamu pilih. Namun pada dasarnya saat memilih aplikasi kamu dapat berpatokan terhadap berapa banyak barang yang dapat di input. Karena jika dibatasi, maka ketika ada stok barang baru tidak bisa diinput.

Selanjutnya yang menjadi pertimbangan berapa banyak dan kelebihan fitur yang diberikan kepada para pengguna. Biasanya fitur yang lengkap berada pada jenis aplikasi yang berbayar sehingga pelanggan tidak kecewa.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022