Mumbai, India--(ANTARA/Business Wire)-- NPCI International Payments Limited (NIPL) adalah cabang internasional dari National Payments Corporation of India (NPCI). NIPL telah menandatangani perjanjian dengan Bank of Namibia (BoN) untuk mendukung mereka dalam mengembangkan sistem pembayaran instan seperti Unified Payment Interface (UPI) di Namibia.

Kerja sama ini merupakan lompatan strategis untuk memperkuat infrastruktur keuangan Namibia dan mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif. Dengan memanfaatkan teknologi dan pengalaman dari UPI India, kemitraan ini berupaya membantu Namibia memodernisasi ekosistem keuangannya. Termasuk meningkatkan aksesibilitas, keterjangkauan, konektivitas dengan jaringan pembayaran domestik maupun internasional, dan interoperabilitas.

Kemitraan strategis ini bertujuan untuk meningkatkan layanan keuangan digital dan mendukung transaksi pembayaran Person-to-Person (P2P) dan Person-to-Merchant (P2M) di waktu nyata di negara Afrika. Fitur keamanan yang tangguh yang melekat pada platform UPI memastikan kepercayaan dari pengguna dan pemangku kepentingan sekaligus menjamin skalabilitas untuk kemajuan teknologi di masa depan dan permintaan pasar. Melalui kerja sama ini, BoN bisa menggunakan teknologi dan wawasan terbaik di kelasnya milik NIPL sehingga dapat menciptakan platform serupa di Namibia bagi kesejahteraan digital warganya.

Kata Mr. Johannes !Gawaxab, Gubernur Bank of Namibia, “Tujuan kami adalah meningkatkan aksesibilitas dan keterjangkauan bagi masyarakat yang kurang terlayani, mencapai interoperabilitas instrumen pembayaran sepenuhnya selambatnya tahun 2025, memodernisasi sektor keuangan, dan memastikan Sistem Pembayaran Nasional yang aman dan efisien. Upaya yang sejalan dengan Rencana Strategis Bank maupun Visi dan Strategi NPS 2025 ini sengaja menggunakan pendekatan yang dipimpin oleh bank sentral untuk meminimalkan biaya infrastruktur bagi lembaga keuangan guna memastikan keberlanjutan dan keterjangkauan solusi pembayaran instan untuk pengguna akhir. Sistem ini bertujuan untuk menghubungkan perorangan, dunia usaha, dan lembaga pemerintah di seluruh Namibia, termasuk pembayaran dana hibah sosial, sehingga interaksi ekonomi menjadi lebih efisien dan mendukung pertumbuhan kewirausahaan digital.”

Mengenai kemitraan ini, Mr. Ritesh Shukla, CEO NPCI International, mengatakan, “Kami bangga bekerja sama dengan Bank of Namibia untuk penyediaan sistem pembayaran di waktu nyata seperti UPI di Namibia bagi Digital Public Good warga negaranya. Kami sangat antusias dengan kemitraan ini, karena warga Namibia akan dapat melakukan transaksi instan dengan memanfaatkan teknologi dan pengalaman UPI India. Dengan menerapkan teknologi ini, Namibia akan memiliki kedaulatan di bidang pembayaran digital dan memetik manfaat dari interoperabilitas pembayaran yang lebih baik dan peningkatan akses keuangan bagi masyarakat yang kurang terlayani. Hal ini juga akan memastikan skalabilitas dan kemampuan beradaptasi untuk mencapai kemajuan teknologi di masa mendatang dan memenuhi permintaan pasar, sehingga menciptakan kemakmuran ekonomi di negara ini.”

Setelah diluncurkan, platform ini akan mempermudah transaksi digital di Namibia, sehingga mendorong inklusi keuangan dan mengurangi ketergantungan uang tunai dengan memperhatikan masyarakat yang kurang terlayani. Upaya kerja sama ini bertujuan untuk menyediakan layanan keuangan yang penting dan terjangkau bagi semua orang, dengan berfokus utama pada sektor pedesaan dan sektor informal.

Untuk informasi lebih lanjut tentang NPCI International, klik di sini

Tersedia Galeri Multimedia/Foto: https://www.businesswire.com/news/home/53971411/en

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak
Untuk Pertanyaan Media: corporate.communications@npci.org.in
Tel: +91 22 4050 8500

Sumber: NPCI International Payments Limited

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024