Jayapura (ANTARA) - Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom menyambut baik rencana pemekaran wilayah Papua Pegunungan Tengah yang akan dilakukan Pemerintah Pusat.

"Hari ini saya dengan beberapa bupati asosiasi terutama Bupati Yahukimo Didimus Yahuli, bertemu Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dengan perihal menanyakan perkembangan Rancangan UU Pemekaran Provinsi, terutama Provinsi Papua Pegunungan Tengah," kata Befa yang juga Ketua Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah Papua dalam siaran persnya kepada ANTARA di Jayapura, Rabu malam.

Menurut Befa, dari informasi yang diterima pihaknya, tidak lama lagi RUU tersebut akan disahkan di mana akan ada sidang paripurna dan dilanjutkan persidangan berikutnya di DPR RI.

"Dalam tahun ini diperkirakan Provinsi Papua Pegunungan Tengah akan terlahir bersama provinsi lainnya di Bumi Cenderawasih," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk itu semua intelektual di Papua terutama di Pegunungan Tengah Papua diharapkan merapatkan barisan dan menyambut Provinsi Papua Pegunungan Tengah, adapun pro dan kontra boleh saja, namun harus dilakukan pengkajian sebaik-baiknya.

Baca juga: Menko Polhukam sebut daerah otonomi baru Papua untuk kokohkan NKRI

Baca juga: Kepala daerah se-wilayah adat Saireri ajukan pembentukan DOB


"Sebagai warga yang baik, hindari semua pikiran negatif dan sambut hal ini dengan baik pula," ucapnya berharap.

Dia menambahkan hadirnya provinsi baru harus dilihat dari kerangka yang lebih luas, oleh karena itu tidak boleh berpikir sempit, saling mencurigai atau mengkambinghitamkan dan sebagainya.

"Namun, harus dilihat dengan kacamata baik bahwa Pemerintah Pusat memberikan pemekaran untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Papua," ujarnya.

Sekadar diketahui, Pemerintah menetapkan kebijakan moratorium pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) sejak tahun 2014 hingga kini. Kendati demikian, terbitnya Undang-Undang (UU) Nomor 2/2021 tentang Perubahan kedua atas UU Nomor 21/2001 tentang Otonomi Khusus Provinsi Papua justru mengamanatkan pembentukan daerah baru di wilayah Papua.

Baca juga: Pembentukan DOB Papua Selatan diusulkan dipercepat

Dimana rencananya akan ada tiga Rancangan Undang-Undang (RUU) yang mengatur pemekaran DOB di Papua, yakni RUU tentang Provinsi Papua Tengah, RUU Provinsi Papua Pegunungan Tengah, dan RUU Provinsi Papua Selatan.

Sebelumnya, Befa Yigibalom yang juga Ketua Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah bertemu dengan Ketua Panitia Kerja (Panja) RUU Provinsi Papua Pegunungan Tengah Willi Aditia, di mana kunjungan tersebut juga dihadiri Bupati Yahukimo Didimus Yahuli di Gedung DPR RI pada Rabu (9/3).

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022