Kami menerima permintaan evakuasi seorang pasien yang mengalami obesitas dengan berat badan sekitar 180 kilogram
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, membantu mengevakuasi Singgih (42), warga penderita obesitas atau kelebihan berat badan yang hendak berobat ke rumah sakit.

"Kami menerima permintaan evakuasi seorang pasien yang mengalami obesitas dengan berat badan sekitar 180 kilogram," ungkap Komandan Regu (Danru) Rescue II Damkar Kabupaten Bogor, Muhammad Ridwan di Cibinong, Bogor, Rabu.

Baca juga: Tiga mobil Damkar padamkan kebakaran di AEON Mall Bogor

Menurutnya, penderita obesitas asal Kelurahan Pabuaran, Cibinong, Kabupaten Bogor itu perlu dievakuasi karena kesulitan berjalan lantaran memiliki berat badan mencapai 180 kilogram.

Ridwan menyebutkan bahwa Tim Rescue dimintai tolong oleh pihak keluarga Singgih, untuk mengevakuasinya dari dalam rumah ke mobil ambulans untuk dibawa berobat ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Jakarta Selatan.

Baca juga: Tim Rescue Damkar Bogor evakuasi 18 ekor ular kobra di Citeureup

Baca juga: 10 armada damkar padamkan puluhan bus Transjakarta di Bogor


Proses evakuasi berjalan sekitar tiga jam, mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Petugas Damkar mengevakuasi dengan cara menempatkan Singgih di sebuah alas kasur, kemudian petugas mengangkat alas kasur tersebut bersama-sama.

"Kita angkat bersama kasurnya. Karena yang bersangkutan sudah kesulitan untuk berjalan. Kita angkat ke mobil ambulans saja. Untuk selanjutnya dibawa ke RSUP Fatmawati," terang Ridwan.

Ia menyebutkan bahwa sedikitnya ada 13 petugas yang terlibat dalam proses evakuasi warga penderita obesitas dengan beberapa peralatan seperti thermogun, karpet, sarung tangan dan senter.

Baca juga: BPBD Bogor: Penanganan pohon tumbang selesai, Jalan MA Salmun lancar

Baca juga: JKPI bersepakat dengan Perpusnas dan ANRI kelola kearsipan daerah

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022