Batam (ANTARA News) - Arus balik masih memadati Pelabuhan Domestik Sekupang Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu.

Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang, Erwin Safrizal mengatakan, jumlah penumpang kapal feri yang turun di pelabuhan tersebut pada Sabtu mencapai 4.288 orang.

"Jumlah tersebut masih di atas angka rata-rata normal yang hanya 1.500 penumpang perhari," tambah dia.

Erwin mengatakan, rata-rata penumpang yang tiba di Batam hari ini merupakan penumpang usia sekolah dari beberapa daerah di Provinsi Kepulauan Riau, seperti Tanjung Balai karimun, Tanjung Batu, Moro dan pulau-pulau kecil di provinsi setempat yang akan masuk Senin mendatang.

"Penumpang jarak menengah seperti Tembilahan, Selat Panjang, Dumai dan Buton sudah tidak begitu banyak," kata Erwin.

Menurut Erwin, hingga Minggu (11/9) jumlah penumpang yang akan tiba di Batam melalui Pelabuhan Domestik Sekupang masih akan tinggi.

"Bahkan kemungkinan besok akan lebih banyak penumpang yang tiba di Batam. Karena besok merupakan hari libur terakhir sebelum masuk sekolah," ujar dia.

Erwin mengatakan, arus balik Lebaran 1432 Hijriah melalui pelabuhan tersebut tidak sepadat tahun lalu karena waktu libur bagi anak sekolah jauh lebih lama.

"Untuk pekerja mencapai puncaknya akhir pekan lalu. Untuk anak sekolah hari ini dan besok. Jadi kepadatan tidak seperti tahun lalu," kata dia.

Kapolsek Kawasan Khusus Pelabuhan (KKP) Polresta Batam Rempang Galang (Barelang) Dasrul Savit mengatakan, pihaknya akan terus menyiagakan anggota untuk menjaga arus balik pada Minggu.

"Seluruh anggota tetap kami siagakan untuk menjaga keamanan pada puncak arus balik besok terutama di dermaga dan pintu kedatangan," kata Dasrul.

Selain petugas kepolisian, kata Dasrul, beberapa personil Satpol PP dan anggota TNI juga masih disiagakan untuk membantu mengamankan pelabuhan.

(ANT-292/S023)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011