Konawe (ANTARA) - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menangani banjir lahar dingin yang terjadi di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).

"Saya sudah memerintahkan ke Pak Kepala  BNPB untuk segera ke sana dan sudah sampai di sana," kata Presiden RI Jokowi saat melakukan kunjungan kerja (kunker) dalam rangka meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa.

Baca juga: BNPB paparkan langkah yang dilakukan pascabanjir bandang di Sumbar

Jokowi mengatakan bahwa dirinya juga terus memantau perkembangan bencana banjir lahar dingin di daerah tersebut.

"Sudah kami telepon juga perkembangannya seperti apa, kondisinya seperti apa, kami ikuti," ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa dirinya juga sangat ingin berkunjung langsung di Provinsi Sumbar untuk melihat langsung kondisi di daerah tersebut, yang terkena banjir lahar dingin.

"Saya juga ingin ke sana, tetapi masih mengatur waktu. Karena di sana kondisinya jalan banyak yang longsor, pengungsi juga baru ditata, nanti kalau waktunya sudah ketemu saya akan segera tinjau ke Sumatra Barat," ucap Jokowi.

Jokowi menyampaikan bahwa dirinya akan mengagendakan untuk berkunjung di lokasi banjir lahar dingin di Provinsi Sumbar untuk memberikan bantuan, serta solusi kepada warga yang terdampak bencana tersebut.

Baca juga: Basarnas laporkan korban meninggal akibat banjir di Sumbar capai 43 orang

Baca juga: BMKG: Pencarian korban banjir lahar hujan Sumbar produktif saat pagi


Presiden Jokowi mengaku ia terus melakukan peninjauan terhadap fasilitas kesehatan di berbagai daerah di Indonesia dan RSUD Konawe tidak luput dari peninjauan tersebut.

"Kembali saya meninjau rumah sakit, sudah beberapa kali saya masuk ke Rumah Sakit Daerah dan yang ini, pagi hari ini, saya masuk ke RS Daerah di Kabupaten Konawe," kata Jokowi.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024