Lebak (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprakirakan cuaca wilayah Kabupaten Lebak, Banten, selama tiga hari ke depan berawan dan cerah sejak pagi hingga sore hari.

Koordinator Unit Analis cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang, Halim Perdanakusumah, Sabtu, mengatakan diperkirakan cuaca di wilayah Kabupaten Lebak berawan dan cerah sejak pagi hingga sore hari.

Tiupan angin berkecepatan rata-rata 12 knot atau 24 kilometer per jam dan bergerak dari arah timur.

Cuaca berawan di Kabupaten Lebak meliputi wilayah utara, selatan dan tengah yakni Kecamatan Maja, Curugbitung, Sajira, Cipanas, Rangkasbitung, Muncang, Leuwidamar, Cimarga, Gunungkencana, Cikulur, Warunggunung dan Cibadak.

Begitu pula suhu udara pada siang hari minimal 23 derajat sampai maksimal 33 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban 50 persen sampai 95 persen.

Tiupan angin di wilayah itu berkisar tiga sampai 12 knot dan bergerak dari arah timur.

Tinggi gelombang laut di selatan Perairan Lebak berkisar antara 0,8 hingga dua meter.

Gelombang bergerak dari arah tenggara dengan jarak pandang empat sampai delapan kilometer.

Sementara tinggi gelombang Perairan Selat Sunda berkisar enam sampai 1,5 meter dan gelombang bergerak dari arah tenggara.

Ia memperkirakan, pesisir laut di Perairan Lebak meliputi Pantai Binuangeun, Panggarangan, Suka Hujan, Bagedur, Bayah hingga Pelabuhanratu, Sukabumi, diminta waspada.

Saat ini, tinggi gelombang mencapai dua meter, sehingga membahayakan bagi nelayan yang menggunakan perahu kecil.

"Saya memastikan nelayan perahu kecil tidak kuat menahan gelombang setinggi dua meter," katanya. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011