Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto meminta semua pihak terus melakukan upaya damai di Ambon, setelah terjadi kerusuhan di wilayah itu, Minggu siang.

"Saya sudah berkoordinasi langsung dengan Gubernur Maluku, Kapolri dan Kepala BIN dan Panglima TNI, dan mereka tengah bekerja agar kerusuhan tidak meluas," katanya di Jakarta.

Djoko mengemukakan, pihaknya juga sudah menerima laporan dari Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu bahwa situasi terakhir di Kota Ambon telah mereda.

"Baru saja pukul 16.50 WIB ini, Gubernur Maluku lapor bahwa situasi sudah mulai mereda," ujar Djoko Suyanto.

Ia memerintahkan kepada para pihak terkait untuk meredam suasana di Ambon dan meminta semua tokoh agama, tokoh masyarakat dan yang terkait untuk bersama-sama melakukan upaya damai dan tidak melakukan tindakan anarkis.

"Pertemuan muspida dan tokoh-tokoh masyarakat akan dilakukan lagi malam ini," ujarnya.

Djoko menambahkan, semua pihak harus meredam kerusuhan yang terjadi di Ambon, Maluku, ini. Ia meminta agar semua pihak terkait terutama pihak kepolisian untuk tidak lengah menangani kasus ini.

"Mohon terus diantisipasi dan diikuti perkembangan isu SARA di Ambon. Jangan lengah, karena pada masa lalu kejadian awal juga seperti ini," katanya.
(T.R018/M026)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011