Bandung (ANTARA) -
Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil mengucapkan selamat atas pelantikan Bambang Susantono menjadi Kepala Otorita IKN atau Ibu Kota negara Nusantara oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta.
 
"Alhamdulillah sesuai prediksi, dulu nama saya disebut-sebut karena kriteria, tapi tidak spesifik kan. Dan menurut saya juga pertama, sosok Pak Bambang mah pas," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate Bandung, Kamis.
 
Sosok Bambang Susantono adalah lulusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) dan seusai lulus dari Fakultas Teknik Sipil ITB, ia bekerja sebagai pegawai negeri di Departemen Pekerjaan Umum.

Pada Tahun 2000, Bambang Susantono melanjutkan pendidikannya hingga akhirnya berhasil meraih gelar master tata kota di Universitas California Berkeley dan gelar doktor bidang perencanaan infrastruktur dari universitas yang sama.
 
Menurut Ridwan Kamil pemilihan atau penunjukan Bambang Susantono sebagai Kepala IKN sudah sesuai prediksi banyak pihak dalam sebulan terakhir ini.
 
Dan hal tersebut mematahkan informasi bahwa calon Kepala IKN merupakan kepala daerah yang memiliki latar belakang arsitek.
 
"Ia alumni ITB, lalu S3 dan S2-nya perencanaan kota. Dia itu senior saya. Saya itu ketua Permias, persatuan mahasiswa di Amerika Serikat di Berkeley, menggantikan Pak Bambang," kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menuturkan dirinya dan Bambang pernah sama-sama menjabat sebagai Ketua Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika di Universitas Berkeley Amerika Serikat atau Permias Berkeley.
 
Selain itu, Ridwan Kamil mendoakan semua tugasnya menjadi kepala otorita bisa berjalan lancar dan sukses, seperti harapannya.
 
"Dan saya rasa beliau mampu karena insinyur juga. Mudah-mudahan, doa dari saya. Kalau saya mah fokus ngurus Jabar, pekerjaan rumah masih banyak," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022