Monza, Italia (ANTARA News/Reuters) - Pebalap Red Bull Sebastian Vettel selangkah mendekati juara Formula Satu untuk kedua kalinya secara beruntun setelah memenangi Grand Prix Italia, Minggu.

Pebalap Jerman berusia 24 tahun, yang memulai balapan dari posisi start terdepan untuk ke-10 kalinya dalam 13 seri balapan, mengokohkan keunggulannya dalam klasemen keseluruhan menjadi 112 poin setelah pebalap setimnya asal Australia dan juga pesaing terdekat dia, Mark Webber, bertubrukan dan tidak bisa melanjutkan balapan itu.

Dengan hanya 150 poin tersisa yang diperebutkan dari enam Grand Prix, Vettel kini sudah memenangi delapan seri balapan musim ini dan dapat memastikan gelar juara pada seri balapan berikutnya di Singapura pada 25 September.

Pebalap McLaren Jenson Button mencapai finis di posisi kedua untuk musim ketiganya secara beruntun di Monza, sementara pebalap Ferrari Fernando Alonso, juara tahun lalu dari posisi start terdepan, memberi kegembiraan pada lautan kaus merah penggemar Ferrari dengan mencapai finis di posisi ketiga dalam balapan di kandang timnya tersebut.

Vettel merebut kemenangan Formula Satu yang pertamanya di Monza bersama saudara tim Red Bull yang bermarkas di Italia, Toro Rosso, pada 2008. Dia kini mengantongi 284 poin, sementara juara dunia dua kali Alonso 172 poin, dan Button 167 poin.

Pebalap McLaren Lewis Hamilton mencapai finis di posisi keempat, setelah bertarung dengan Michael Schumacher, lima kali juara di Monza dalam hari-hari kejayaannya bersama Ferrari, dan kemudian berusaha keras menyalip Alonso pada putaran-putaran terakhir.

Schumacher mencapai finis di posisi kelima di depan mantan rekan setimnya di Ferrari Felipe Massa. Pebalap Spanyol Jaime Alguersuari dari tim Toro Rosso di posisi ketujuh dan pebalap Inggris Raya Paul di Resta, yang keturunan Italia, mencapai finis di posisi kedelapan bagi tim Force India.

Pebalap Brazil Bruno Senna, keponakan dari mendiang juara tiga kali Ayrton, mencatat poin pertamanya di Formula Satu dengan mencapai finis di posisi kesembilan bagi tim Renault dan pebalap Swiss Sebastien Buemi dari tim Toro Rosso merebut poin terakhir.
(I015/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011