Sama seperti harapan Pak Presiden, semoga persemaian modern ini dapat memberikan manfaat pada sektor perekonomian
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Bupati Bogor Ade Yasin berharap Persemaian Modern Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dapat membantu meningkatkan perekonomian daerah selain untuk memenuhi kebutuhan bibit tanaman.

"Sama seperti harapan Pak Presiden, semoga persemaian modern ini dapat memberikan manfaat pada sektor perekonomian," kata Ade Yasin saat dihubungi, Kamis.

Ia berharap, persemaian yang kembali dikunjungi Presiden Jokowi pada Kamis (10/3) itu dapat berkontribusi pada perekonomian Kabupaten Bogor yang mulai kembali tumbuh setelah kondisinya memburuk akibat pandemi COVID-19.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kabupaten Bogor kembali naik pada 2021 sebesar 5,25 persen atau menjadi 3,48 persen. Pada 2020 angkanya anjlok menjadi minus 1,7 persen dibandingkan 2019 yang sebesar 5,85 persen.

Ade Yasin juga berharap persemaian modern di Rumpin dapat membantu pemenuhan kebutuhan ruang terbuka hijau (RTH) di Kabupaten Bogor.

Menurut dia, Kabupaten Bogor khususnya Kawasan Puncak semestinya memiliki RTH sebanyak 55 persen dari luasnya kawasan. Tapi, dengan terus berkembangnya kawasan wisata tersebut, menjadi kesulitan tersendiri bagi Pemkab Bogor untuk memenuhi kebutuhan RTH yang saat ini masih di bawah 50 persen.

"Pemkab Bogor sedang berupaya memenuhi kebutuhan RTH, semoga nanti bibit-bibit tanaman dari sini bisa ditanami di RTH baru," kata Ade Yasin.

Presiden Jokowi sudah beberapa kali mengunjungi Persemaian Modern Rumpin. Kali ini, Jokowi didampingi Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri meninjau fasilitas persemaian atau nursery tersebut.

Pada kunjungan tersebut, Presiden menekankan bahwa pembangunan persemaian (nursery) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam program rehabilitasi lahan di Tanah Air.

"Memastikan bahwa dimulainya program penghijauan rehabilitasi lahan-lahan kritis, rehabilitasi lahan-lahan yang sering longsor, rehabilitasi lahan-lahan yang daerahnya wilayahnya sering banjir itu betul-betul bisa kita mulai dari membangun nursery," ujar Presiden.

Presiden juga berharap pembangunan fasilitas persemaian tidak semata-mata menimbulkan manfaat dari aspek lingkungan, tetapi juga bisa membantu meningkatkan perekonomian.

"Sehingga, yang kita produksi ini betul-betul bisa mendapatkan manfaat ekonomi, baik bagi negara maupun masyarakat. Jadi, lingkungannya dapat, ekonominya juga dapat," ujar Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden: Fasilitas persemaian langkah awal rehabilitasi lahan kritis

Baca juga: Ade Yasin harap Persemaian Rumpin bantu penuhi kebutuhan RTH Bogor

Baca juga: Presiden akan paksa pihak swasta siapkan pusat persemaian bibit


 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022