Banyak mitra swasta Thailand berinvestasi di Indonesia"
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia dan Thailand sepakat untuk terus meningkatkan kerjasama di berbagai bidang sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan kedua pihak.

"Ada beberapa hal yang kami diskusikan dengan tujuan untuk lebih meningkatkan kerja sama dan kemitraan pada waktu mendatang," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyon dalam keterangan pers bersama PM Yingluck Yingluck Sinawatra usai pertemuan bilateral, Senin.

Kedua kepala pemerintahan membahas kerjasama bidang ekonomi, pertanian, perikanan, energi, pariwisata, politik, hukum, dan militer.

Pada 2011, sebut Yudhoyono, total perdagangan Indonesia dan Thailand mencapai 12 miliar dolar AS atau naik 34 persen dari total volume perdagangan pada 2010.

"Kami percaya pada masa depan masih ada peluang baru untuk meningkatkan kerja sama perdagangan, juga agrobisnis," kata Presiden.

Sementara Yingluck menghargai peran Indonesia dalam peningkatan kerja sama dengan Thailand. Ia sepakat dengan Yudhoyono bahwa kedua negara memiliki hubungan yang sangat baik dan berpeluang untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas kerja sama.

"Kami harus perkuat dan tingkatkan kerja sama. Banyak mitra swasta Thailand berinvestasi di Indonesia terutama di sektor energi, dan Thailand mendukung kerja sama dengan Indonesia dengan dasar sama-sama menguntungkan," katanya.(*)

P008*D013/N002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011