Hong Kong (ANTARA) - Enam fasilitas isolasi masyarakat (CIF) di Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong, China, akan mulai digunakan pada Maret dan menyediakan sekitar 20.000 tempat tidur, demikian diumumkan pemerintah Hong Kong, Kamis (10/3).

Dua fasilitas isolasi yang berlokasi di Tsing Yi dan San Tin Tsuen Road, Yuen Long, telah diserahkan kepada pemerintah SAR Hong Kong, sementara empat lainnya akan mulai beroperasi dalam beberapa hari mendatang atau akhir Maret.

CIF di Penny's Bay dan bekas area landasan pacu Kai Tak diperkirakan akan mulai beroperasi pada Mei dalam beberapa gelombang dengan menyediakan sekitar 20.000 tempat tidur tambahan, kata Kepala Eksekutif SAR Hong Kong Carrie Lam dalam konferensi pers pada Kamis.
 
Foto yang diabadikan pada 8 Maret 2022 ini menunjukkan ruang isolasi di sebuah fasilitas isolasi masyarakat ("community isolation facility"/CIF) di San Tin Tsuen Road, Yuen Long, Hong Kong, China selatan. (Xinhua


Lam mengatakan bahwa saat ini tempat-tempat yang dijadikan fasilitas isolasi di Hong Kong adalah fasilitas rekreasi umum, CIF yang baru dibangun, perumahan umum baru yang tidak berpenghuni, hotel yang diambil alih atau disewa pemerintah, serta untuk sementara waktu dua gedung rumah susun transisi berukuran besar.

Fasilitas isolasi tersebut akan menyediakan lebih dari 70.000 unit atau tempat tidur saat rampung yang berarti mendongkrak kapasitas isolasi Hong Kong secara signifikan.

Pemerintah SAR Hong Kong, dengan dukungan penuh dari pemerintah pusat, telah memulai konstruksi CIF di sembilan lokasi. Lam menambahkan bahwa 50.000 tempat tidur akan tersedia setelah pembangunan di seluruh sembilan lokasi selesai.  
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022