AsiaNet 46183

PRAHA, 14 September 2011 (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) --

     - "Diagnosa dan Pengobatan Awal Penyakit Vena Kronis/ Chronic Venous Disease (CVD) Harus Dilakukan untuk Mencegah Perkembangan Penyakit ke tingkat Yang Lebih Parah seperti ulkus pada Pembuluh Vena."

     VEIN CONSULT Program, survei epidemiologi terbesar penyakit vena kronis yang dilakukan di bawah naungan International Union of Phlebology (UIP) dan didukung oleh Servier Research Group, merupakan upaya pendidikan internasional guna meningkatkan kesadaran tentang CVD pada pasien, ilmuwan, dan otoritas kesehatan. Survei ini merupakan survei pertama yang meneliti banyak pasien dalam jumlah sangat banyak dan dilakukan di banyak negara dari berbagai wilayah geografis (Eropa, Timur Tengah, Timur Jauh, Amerika Tengah dan Latin) dengan menggunakan kuesioner dan klasifikasi yang sama (klasifikasi CEAP).

     Hasil awal dari VEIN CONSULT Program ini menunjukkan bahwa penyakit vena kronis memiliki dampak negatif yang signifikan pada kehidupan profesional pasien, menyebabkan penurunan produktivitas yang cukup besar; sebanyak 15% pasien penyakit pembuluh vena melaporkan telah kehilangan waktu kerjanya. CVD juga mengakibatkan penderitaan fisik dan psikologis pasien yang tercermin pada menurunnya kualitas hidup. Kami mengamati penurunan yang signifikan dalam kualitas hidup dengan berkembangnya tingkat keparahan penyakit. Hal ini secara langsung berdampak pada biaya terkait dengan CVD, hampir 4% pasien harus pindah pekerjaan karena penyakit pembuluh vena mereka dan lebih dari 6% harus dirawat.

     Untuk pertama kalinya, pasien yang memiliki gejala penyakit CVD diamati dan dideteksi sejak tingkat awal, dengan tujuan meningkatkan proses penatalaksanaan.

     Sebanyak 8 dari 10 pasien menderita penyakit vena kronis mulai dari tingkat awal yaitu nyeri pada pembuluh vena hingga berkembang menjadi tingkat terparah yaitu pembengkakan dan ulkus. Berkat VEIN CONSULT Program, kami dapat mengevaluasi untuk pertama kalinya prevalensi pasien CVD mulai tingkat awal melalui gejalanya (nyeri kaki, rasa berat dan bengkak...). Program ini menunjukkan bahwa sebanyak 20% peserta pertama dari beberapa negara diklasifikasikan sebagai pasien dengan gejala saja, sementara 61,2% diklasifikasikan sebagai pasien dengan tanda-tanda penyakit vena kronis yang terlihat (varises, pembengkakan dan ulkus).

     Para pasien umumnya tidak berkonsultasi secara langsung untuk nyeri kaki dan dokter tidak menyadari bahwa nyeri pada pembuluh vena merupakan suatu penyakit. Meskipun penyakit vena kronis berdampak pada pengeluaran biaya dan kualitas hidup, pasien penyakit vena kronis tetap kurang terdiagnosa dan terobati.

     "Berkembangnya tingkat penyakit karena penundaan pengobatan dapat menyebabkan kehilangan hari kerja, menurunnya kualitas hidup, serta meningkatnya beban biaya secara global," ujar Profesor Rabe, Presiden International Union of Phlebology.

     VEIN CONSULT Program akan dilaksanakan hingga tahun 2012 di lebih dari 20 negara. Data 70.000 pasien yang telah diteliti dari 13 negara (Brazil, Perancis, Georgia, Hungaria, Meksiko, Pakistan, Rumania, Rusia, Serbia, Singapura, Slovakia, Spanyol, dan Arab Saudi) diumumkan pada sesi ilmiah dalam Kongres UIP di Praha.

     Komite Ilmiah UIP

     Tentang International Union of Phlebology (UIP)

     International Union of Phlebology adalah organisasi internasional yang bertujuan mengembangkan keutamaan dan inovasi pada penyakit vena dan getah bening (limfe) melalui pendidikan, advokasi dan penelitian.

     VEIN CONSULT Program dilakukan di bawah naungan UIP dan didukung oleh Servier Research Group.

     Referensi:
     
     Rabe E. Update on the Vein Consult Program: the world's largest awareness programme in chronic venous disease. Abstract published as a supplement in Practical Phlebology, European chapter meeting of the UIP, Prague, Czech Republic, 14-17th September 2011.

     Puskas A. First results from the 70 000 patients screened in primary health care in the Vein Consult Program. Abstract published as a supplement in Practical Phlebology, European chapter meeting of the UIP, Prague, Czech Republic, 14-17th September 2011.

     Mansilha A. Quality of life and costs of chronic venous disease: first results from the Vein Consult Program. Abstract published as a supplement in Practical Phlebology, European chapter meeting of the UIP, Prague, Czech Republic, 14-17th September 2011.

     Fernandez Quesada F. First results from the patients followed up by specialists in the Vein Consult Program. Abstract published as a supplement in Practical Phlebology, European chapter meeting of the UIP, Prague, Czech Republic, 14-17th September 2011.

    SUMBER: Servier

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011