Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo memberangkatkan sampel utama tanah dan air dari provinsi setempat menuju wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

"Pemberangkatan tanah dan air dari seluruh Kalteng bagian rangkaian kunjungan kerja Presiden ke titik nol IKN, sekaligus penyatuan tanah dan air dari daerah-daerah di Indonesia," katanya di Palangka Raya, Sabtu.

Ia menyebut hal ini peristiwa bersejarah, saat bersama-sama mengambil peran menjadi bagian penting dari dinamika, serta perjalanan bangsa Indonesia.

Pada 14 Maret 2022, katanya, semua bersama-sama akan menyaksikan peristiwa langka, yaitu penyatuan tanah dan air dari seluruh daerah di titik nol IKN Nusantara.

"Sebuah peristiwa langka yang menjadi simbol penyatuan seluruh elemen bangsa menuju Indonesia baru," katanya.

Baca juga: Menunggu kinerja kencang Otorita IKN Nusantara

Edy memaparkan sebelumnya secara bersama-sama dikumpulkan tanah dan air dari seluruh kabupaten dan kota se-Kalteng, kemudian disatukan hingga siap dibawa menuju IKN.

Tanah ini, kata dia, diambil dari lokasi penting setiap kabupaten dan kota, yang memiliki nilai historis, religius, serta magis. Begitu juga dengan air yang diambil dari 11 daerah aliran sungai (DAS) di Kalteng.

Ia mengatakan Kalteng patut berbangga dengan kesempatan itu karena dapat berpartisipasi dalam peristiwa bersejarah ini, sekaligus membuktikan Kalteng bagian yang tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kegiatan ini yang pertama dilaksanakan serta sangat mungkin menjadi satu-satunya yang pernah disaksikan," katanya.

Penjabat Sekretaris Daerah Kalteng Nuryakin mengatakan kegiatan ini tindak lanjut dari rapat sekretaris daerah seluruh Indonesia bersama Sekretariat Presiden.

Menindaklanjuti hal tersebut, langkah pertama yang dilakukan, melaksanakan pengambilan tanah di Bukit Batu dan Kompleks Kesultanan di wilayah Pangkalan Bun, serta pengambilan air di pertemuan Sungai Kahayan dan Rungan, Kota Palangka Raya.

Pemberangkatan dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Kalteng, Asisten Setda Kalteng, kepala organisasi perangkat daerah, tokoh masyarakat dan agama. Kegiatan berlangsung di Istana Isen Mulang, Kantor Gubernur Kalteng.

Baca juga: Pemprov Kaltim persiapkan agenda berkemah Presiden RI di IKN Nusantara
Baca juga: Pengamat: Otorita IKN perlu bersinergi dengan KPK pada pembangunan IKN

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022