Samarinda (ANTARA) - Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Faisal mengungkapkan bahwa agenda berkemah Presiden RI Joko Widodo di titik nol wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara sekaligus sebagai gambaran simbolis bahwa IKN Nusantara merupakan refleksi dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia.

“Sebagai gambaran persatuan dan kesatuan, ke-Bhinneka Tunggal Ika an, bahwa IKN Nusantara ini milik seluruh masyarakat Indonesia, pernyataan simbolis bahwa Nusantara ibukota tanah air Indonesia tercinta,” kata Muhammad Faisal dalam keterangan resmi diterima di Samarinda, Sabtu.

Faisal menjelaskan bahwa dalam agenda Presiden RI yang dilaksanakan pada 14 Maret 2022 tersebut turut mengundang seluruh Gubernur se Indonesia.

“Bapak Presiden Jokowi mengundang seluruh Gubernur se Indonesia untuk hadir di lokasi IKN Nusantara, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), pada tanggal 14 Maret, hari Senin nanti,” kata Muhammad Faisal.

Baca juga: Presiden Jokowi dijadwalkan kemah di titik nol IKN Senin 14 Maret 2022

Faisal menambahkan para Gubernur yang hadir diharapkan memakai pakaian adat daerah masing-masing serta membawa air dan tanah dari lokasi yang bersejarah atau adat budaya di wilayahnya masing-masing.

“Nantinya para Gubernur tersebut akan diminta membawa sedikit air 1 liter dan tanah sekitar 2 kg dari wilayahnya masing-masing,” kata Fasial.

Air dan tanah dari seluruh wilayah di Indonesia itu nantinya akan digabungkan di satu titik di IKN Nusantara dalam seremoni Gentong Nusantara.

Maksud dari kegiatan ini lanjut Faisal, sebagai gambaran simbolis bahwa IKN Nusantara ini merupakan refleksi dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia dan bukan hanya Kaltim semata.

Baca juga: Gubernur: Sulteng bersiap jadi penyangga IKN

Baca juga: Menunggu kinerja kencang Otorita IKN Nusantara

Pewarta: Arumanto
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022