Jakarta (ANTARA) - Kebakaran terjadi di permukiman padat penduduk Jalan Karet Pasar Baru Timur 5 RT 17 RW 19 atau di belakang Apartemen Sudirman Park, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin pagi.

Lurah Karet Tengsin, M Hari Ananda menjelaskan, kebakaran melanda satu bangunan yang di dalamnya terdapat 13 pintu kontrakan.

"Jumlah KK yang terdampak ada 13 KK dan 50 jiwa. Sekarang warga terdampak sudah mengungsi," kata Hari saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Hari menjelaskan, puluhan warga kini sudah mengungsi di Masjid Baitul Muttaqin yang letaknya tidak jauh dari lokasi kebakaran.

Pemkot Jakpus belum bisa memastikan pembangunan rumah untuk warga terdampak mengingat lahan di lokasi kebakaran milik swasta.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Jakarta Pusat, Asril Rizal menjelaskan, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 05.40 WIB.

Sebanyak 12 unit mobil damkar dan 48 personil dikerahkan untuk memadamkan api. Kobaran api berhasil ditanggulangi pada pukul 06.55 WIB.

Dugaan sementara penyebab kebakaran adalah korsleting listrik.

"Warga melihat ada nyala api di kontrakan. Kemudian warga berusaha mematikan api, namun api membesar. Warga mengatakan api berasal dari pengisi daya HP," kata dia.
Baca juga: Kerugian kebakaran Gedung Dishub DKI Jakarta Rp600 juta
Baca juga: Ratusan warga Sawah Besar mengungsi akibat kebakaran

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022