Dalam waktu dekat kami usulkan ke Kemendagri melalui gubernur
Jakarta (ANTARA) - Rapat Paripurna DPRD DKI menetapkan anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta Khoirudin menjadi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta menggantikan pimpinan sebelumnya, Abdurrahman Suhaimi berdasarkan keputusan Dewan Pengurus Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) pada Desember 2021.

"Dalam waktu dekat kami usulkan ke Kemendagri melalui gubernur," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin.

Menurut dia, agenda pelantikan tidak akan memakan waktu yang lama atau diperkirakan selama seminggu setelah berkirim surat ke Kementerian Dalam Negeri.

Sebelumnya, DPRD DKI menerima surat keputusan dari DPP PKS pada 27 Desember 2021 dan selanjutnya DPRD DKI melakukan pengumuman pergantian Suhaimi melalui rapat paripurna Senin ini.

Rapat paripurna ini juga sekaligus mengumumkan penetapan Khoirudin sebagai pengganti Suhaimi untuk mengisi kursi Wakil Ketua DPRD DKI hingga 2024.

Baca juga: Rotasi Wakil Ketua DPRD DKI dinilai telah sesuai prosedur

Sementara itu, Khoirudin mengatakan pergantian pimpinan DPRD DKI dari Fraksi PKS tersebut merupakan pergantian yang biasa dan tidak ada permasalahan internal.

Menurut dia, partainya memberikan ruang kepada kader untuk dapat memaksimalkan potensi untuk pelayanan kepada masyarakat.

"Ini semua dilakukan semata-mata untuk memaksimalkan kolaborasi kita bersama, eksekutif, legislatif untuk melayani warga Jakarta," ucapnya.

Sementara itu, Suhaimi tidak hadir dalam rapat paripurna pengumuman penetapan pengganti Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari PKS tersebut.

Khoirudin menambahkan Suhaimi berhalangan hadir karena saat ini sedang menyiapkan ibadah umrah.

Baca juga: DPRD DKI segera sahkan sosok baru wakil ketua dari PKS

Senada dengan Khoirudin, sebelumnya Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi yang saat ini masih definitif mengatakan pergantian tersebut untuk sama-sama memberikan pemerataan dan pengalaman bagi kader.

"Salah satunya agar ada pemerataan proses pembelajaran dan pengalaman," kata Suhaimi ketika dikonfirmasi alasan pemberhentian dirinya.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022