Jakarta (ANTARA News) - Dalam rangka turut menggelorakan pembinaan pemain usia muda, Munial Sport Group (MSG) menggelar Liga Sepakbola Junior 2011 yang melibatkan sejumlah tim Sekolah Menengah Pertama (SMP) selama 13 pekan mulai Sabtu besok.

"Kami akan menggelar MSG Junior Football League (JFL) yang diikuti oleh 20 sekolah SMP ternama di Jakarta. Ini sebagai salah satu upaya kami untuk turut menciptakan talenta-talenta baru," ujar Mulyawan Munial dari pihak MSG kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Mulyawan mengatakan, liga sepakbola junior tersebut dimaksudkan untuk memberikan kegiatan secara rutin kepada para pelajar yang meminati cabang populer ini dan mereka akan dimotivasi oleh pemain nasional Bambang Pamungkas sebagai duta (ambassador) MSG.

"Kami sengaja mengajak Bambang Pamungkas untuk memberikan motivasi kepada para pemain muda. Kami ingin kegiatan berkompetisi sudah dibiasakan sejak di sekolah-sekolah," ujarnya.

MSG sendiri sudah selama 10 tahun berkiprah di dunia olahraga dan berupaya membangkitkan semangat generasi muda, di antaranya pernah terlibat aktif saat mendatangkan bintang sepakbola dunia seperti Juan Antonio Rejes, Cristiano Ronaldo, Fernando Torres dan Cesc Fabregas ke Indonesia.

Dikatakannya, liga junior itu juga sebagai upaya untuk mengembalikan aktivitas olahraga ke dalam lingkungan pendidikan seperti yang dilakukan banyak negara di Eropa.

"Dengan adanya kompetisi ini maka anak-anak akan berlatih secara serius setiap hari, dan ketika memasuki Sabtu-Minggu mereka akan merasakan atmosfir persaingan dalam berkompetisi," ujarnya.

Mengenai kepesertaan, Mulyawan mengatakan pihaknya tak memungut bayaran meski panitia menyediakan sejumlah hadiah uang bagi para juara.

"Asal sudah datang saja kami sudah memberikan poin. Saat bertanding nanti, kami juga memberikan kewenangan kepada wasit untuk memberikan penilaian kepada pemain," jelasnya.

Ke depannya MSG berencana akan mempeluas jumlah kepesertaan dan lokasi pertandingan di lima kota yakni Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung dan Yogyakarta dan melibatkan lebih banyak peserta.

Upacara pembukaan MSG-Junior Football League 2011 dilakukan di lapangan SMP Islam Al-Azhar Kebayoran Baru pada Sabtu (17/9) pagi dan akan turut dihadiri Bambang Pamungkas yang akan memberikan pembekalan kepada para pemain. (ANT-132/A016/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011