Lubukbasung (ANTARA) - Sebanyak 15 bunga Rafflesia jenis Arnoldi mekar sempurna di kawasan hutan Cagar Alam Batang Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat selama Januari sampai 14 Maret 2022.

Pemandu wisata Batang Palupuh, Joni Hartono di Lubukbasung, Senin, mengatakan bunga Raflesia itu mekar dalam tiga bulan terakhir dan 15 hari lalu ada tujuh bunga mekar secara bersamaan.

"Saat ini ada satu bunga Rafflesia yang sedang mekar sempurna," katanya.

Di Batang Palupuh masih banyak knop bunga Rafflesia tersebut yang bakal mekar beberapa bulan ke depan.

Baca juga: Rafflesia gadutensis mekar di Sungai Gambir Sako Tapan

Baca juga: Rafflesia tuan-mudae mekar sempurna di Cagar Alam Maninjau, Agam


Lokasi itu menjadi kunjungan wisatawan mancanegara untuk melihat secara dekat bunga yang dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya.

Namun, semenjak pandemi COVID-19, kunjungan wisatawan mancanegara berkurang dan hanya dikunjungi wisatawan mancanegara yang berdomisili di Indonesia.

"Saat ini kunjungan paling banyak berasal dari wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara yang datang hanya berdomisili di Indonesia, tetapi jumlah tidak banyak," katanya.

Sementara Kepala Resor Konservasi Sumber Daya Alam Maninjau, Ade Putra menambahkan pihaknya akan mencoba untuk mendata kembali pengelolaan kawasan Cagar Alam Batang Palupuh.

Tahap awal, pihaknya bakal mendata populasi bunga langka itu di kawasan seluas 3,4 hektare tersebut.

"Kita bakal mendata berapa jumlah populasi dan sebarannya, dengan tujuan untuk dapat memonitor, memantau perkembangan, pertumbuhan dan kapan mekarnya," katanya.

Di Agam terdapat 14 titik sebaran populasi tumbuhan bunga Rafflesia yang tersebar di Kecamatan Palupuh, Tanjung Raya, Matur, Palembayan, Baso, Malalak, Kamang Magek, dan Tilatang Kamang.

Sementara di Sumbar, data terakhir terdapat 36 lokasi sebaran populasi bunga Rafflesia yang tersebar di 14 kabupaten/kota yakni, Kabupaten Agam, Limapuluh Kota, Solok, Pesisir Selatan, Solok Selatan, Pasaman, Pasaman Barat, Kota Padang, Padang Panjang dan lainnya.*

Baca juga: Bunga Rafflesia arnoldii bermekaran di Agam jelang akhir 2020

Baca juga: Dua pekan ke depan, Bunga Rafflesia mekar berukuran 100 centimeter

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022