Kegiatan ini untuk memelihara kemampuan teritorial prajurit, dan meningkatkan profesionalisme agar kompetensi para Babinsa di wilayah tugas makin maksimal
Praya, NTB (ANTARA) - Jajaran TNI dari Kodim 1620/Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menggelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) dalam rangka menyukseskan MotoGP Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

"Kegiatan ini untuk memelihara kemampuan teritorial prajurit, dan meningkatkan profesionalisme agar kompetensi para Babinsa di wilayah tugas makin maksimal," kata Dandim 1620 LombokLombok Tengah Letkol (Inf) I Putu Tangkas Wiratawan saat acara tersebut di Praya, Ibu Kota Kabupaten Lombok Tengah, Senin.

Ia mengatakan prajurit TNI senantiasa harus dilatih dan diasah kemampuannya sebagai langkah untuk memelihara ketajaman naluri prajurit, dan meningkatkan tingkat kecakapan teknis keprajuritan.

Pelaksanaan Latnister, kata dia, merupakan program latihan tahunan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan teknis teritorial perorangan maupun satuan kewilayahan.

"Agar mampu mengaplikasikannya dalam pelaksanaan tugas di lapangan," katanya.

Ia mengatakan, sebagai komando kewilayahan personel Kodim 1620 Lombok Tengah dituntut memiliki kualitas dan kemampuan teknis teritorial yang dapat diandalkan.

"Contohnya mampu dan memahami 5 kemampuan teritorial, sikap teritorial, komunikasi sosial, serta metode Binter (Pembinaan teritorial) yang menjadi pedoman bagi kita selaku aparat teritorial," katanya.

Selain itu, Dandim menyebut pelaksanaan Latnister tahun ini bertepatan dengan penyelenggaraan ajang kelas dunia MotoGP Mandalika 2022.

Karena itu, dirinya berharap setelah mengikuti latihan, di mana para prajurit memiliki ilmu dan wawasan yang lebih baik sesuai tugas pokoknya sehingga dapat melaksanakan tugas dengan maksimal.

"Berkenaan dengan pelaksanaan balap motor internasional di Sirkuit Pertamina Mandalika, maka untuk mendukung suksesnya ajang tersebut," demikian  I Putu Tangkas Wiratawan.

Baca juga: TNI AL terjunkan 5 KRI untuk kawal MotoGP 2022

Baca juga: Dukung MotoGP Mandalika, TNI dorong gerakan serbuan vaksinasi

Baca juga: Aparat TNI-Polri dilatih bahasa asing dukung MotoGP Mandalika

Baca juga: Sebanyak 2.400 personel TNI amankan balap motor di Sirkuit Mandalika


 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022