Jakarta (ANTARA) - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Yoos Suryono mengecek kondisi prajurit yang yang berjaga di pulau terluar RI di Pulau Laut dan Pulau Sekatung, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut dalam siaran resminya yang dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, menjelaskan bahwa pengecekan itu merupakan rangkaian dari kunjungan kerja Pangkoarmada I di Kepulauan Natuna, Kamis (25/4).

Di Pulau Laut, Laksda Yoos memeriksa kondisi Pos TNI AL (Posal), kemudian di Pulau Sekatung, dia menemui prajurit TNI AL yang berjaga di Pos Marinir Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Puter.

Pulau Laut dan Pulau Sekatung di Natuna merupakan wilayah terluar dan terdepan Indonesia yang menghadap langsung ke Laut Natuna Utara di wilayah utaranya, dan berbatasan dengan perairan Malaysia, Brunei Darussalam, dan Vietnam.

Pulau Laut dan Pulau Sekatung sejak 2021 menjadi bagian dari 222 kecamatan perbatasan prioritas pemerintah, terutama untuk pembangunan infrastruktur. Walaupun demikian, sampai saat ini hanya Pulau Laut yang berpenduduk, kurang lebih 2.000 kepala keluarga, sementara Pulau Sekatung masih belum berpenghuni dan ditempati oleh prajurit Korps Marinir TNI AL yang tergabung dalam Satgas Pam Puter.

Laksamana Muda Yoos menyambangi dua pulau itu menggunakan KRI John Lie-358. Di dua lokasi itu, dia memberi semangat kepada prajurit yang bertugas sekaligus berpesan kepada mereka untuk terus menjaga kesehatan dan menjalin hubungan baik serta kerja sama dengan masyarakat setempat.

Ia juga meminta kepada prajurit untuk terus menjaga nama baik TNI Angkatan Laut di mana pun dan dalam situasi apa pun mereka bertugas.

Dalam kunjungannya ke Pulau Laut dan Pulau Sekatung, Pangkoarmada I didampingi oleh Staf Khusus Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Muda TNI Julius Widjojono, Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada I Laksamana Pertama TNI Mohamad Taufik, dan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Ranai Kolonel Laut (P) Maman Nurachman.

Baca juga: Pangkoarmada III cek kesiapan pasukan dan alutsista Operasi Trisila
Baca juga: RI beli OPV, Pangkoarmada I siapkan kajian untuk usulan penempatan

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024