Jakarta (ANTARA) -
Komando Armada (Koarmada) I TNI AL menggelar inspeksi kapal perang atau admiral inspection di Dermaga Sunda Komplek Satuan Kapal Koarmada I Pondok Dayung, perairan Jakarta, Minggu, menjelang adanya pergantian Panglima Koarmada I TNI AL dari Laksamana Muda (Laksda) TNI Achmad Wibisono kepada Laksda TNI Yoos Suryono Hadi.
 
Adapun inspeksi tersebut dipimpin oleh pejabat lama Laksda TNI Wibisono dengan menggunakan kapal KAL Yudhistira dengan mengelilingi pangkalan kompleks Satuan Kapal Koarmada I.

Setelah inspeksi, kegiatan berlanjut dengan exit broadcasting atau semacam ucapan salam perpisahan yang dilaksanakan di KRI John Lie (JOL)-358.
 
"Saya selaku Panglima Koarmada I merasa sangat bangga pada kalian semua, yang selama ini telah menunjukkan loyalitas, dedikasi, dan profesionalisme yang luar biasa," kata Laksda TNI Wibisono saat menggunakan alat komunikasi di KRI John Lie yang disiarkan ke seluruh kapal Koarmada I.
 
Saat inspeksi, Laksda TNI​​​​​​​ Wibisono  didampingi oleh pejabat baru Laksda TNI Yoos Suryono menggunakan kapal KAL Yudhistira. Saat melakukan inspeksi, mereka pun disambut oleh prajurit TNI AL yang sudah bersiap di kapalnya masing-masing.
 
Selain salam perpisahan, Laksda TNI​​​​​​​ Wibisono meminta kepada prajurit Koarmada I untuk mendukung Panglima Koarmada I yang baru Laksda TNI Yoos Suryono.

Menurut dia, dukungan kepada pejabat baru diperlukan demi kejayaan satuan tersebut dan juga TNI AL.
 
"Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas segala kerja keras seluruh prajurit dalam pengabdian yang tulus dan ikhlas," kata dia.
 
Adapun Laksda TNI Achmad Wibisono yang sebelumnya Pangkoarmada I naik jabatan menjadi Asisten Perencanaan dan Anggaran Kepala Staf TNI AL (Asrena Kasal), sedangkan Laksda TNI Yoos Suryono yang sebelumnya Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI AL (Danseskoal) kini menggantikan Laksda TNI​​​​​​​ Wibisono sebagai Pangkoarmada I.
 
Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto melakukan mutasi atas 52 perwira tinggi (pati), termasuk di antaranya Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) Letjen TNI Rudianto digantikan oleh Mayjen TNI Yudi Abrimantyo yang sebelumnya sebagai Kepala Badan Instalasi Strategis Pertahanan (Kabainstrahan) Kemhan RI.
 
Kebijakan itu tercantum dalam Surat Keputusan (Skep) Panglima TNI Nomor Kep/329/III/2024 yang ditandatangani oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto pada hari Jumat (22/3).

Baca juga: Pangkoarmada RI pimpin sertijab Panglima Koarmada II
Baca juga: Laksdya Denih Hendrata resmi jabat Pangkoarmada RI

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024