Quebeq City (ANTARA News) - Petenis Selandia Baru Marina Erakovic bangkit untuk mengalahkan juara bertahan Tamira Paszek 2-6, 7-5, 6-4, Sabtu, dan mencapai final WTA untuk pertama kalinya pada turnamen berhadiah 220.000 dolar AS Quebec City Challenge.

Pada perebutan gelar juara, Minggu, petenis Selandia Baru peringkat 85 itu akan menghadapi unggulan keenam asal Ceko Barbora Zahlavova Strycova yang dengan mudah mengalahkan petenis Belanda Michaella Krajicek 6-4, 6-3 pada semifinal lainnya.

Seperti Erakovic, petenis berusia 25 tahun Zahlavova Strycova sedang mengejar gelar Tur WTA pertamanya. Mereka belum pernah bertemu satu sama lain pada tur.

Petenis berusia 23 tahun Erakovic, yang ambil bagian pada Olimpiade 2008, mempunyai rekor 0-3 pada pertandingan semifinal WTA sebelumnya. Ia belum pernah mencapai semifinal WTA sejak 2008 di

Birmingham. Semifinal dia lainnya, juga pada 2008, terjadi di Memphis dan kota tempat tinggalnya Auckland.

Unggulan ketiga asal Austria Paszek, yang mencapai perempat final Grand Slam pertamanya tahun ini di Wimbledon, hanya membutuhkan 36 menit untuk merebut set pertama, dengan tidak kehilangan satu poin pun ketika menghadapi servis kedua dari Erakovic.

Namun Erakovic berjuang untuk bangkit kembali dan mematahkan servis pada game terakhir dan menyelesaikan kebangkitannya dalam dua jam dan 27 menit.

Paszek, absen akibat cedera perut sejak semifinal di Washington pada Juli, hanya memenangi gelar WTA tahun lalu di Quebec dan di Portoroz pada 2006, keduanya sebagai pemain kualifikasi, demikian AFP melaporkan.

(SYS/F005/B009)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011