Mexico City (ANTARA) - Pejabat Meksiko dan Amerika Serikat sepakat untuk meningkatkan modernisasi infrastruktur dan proses penyeberangan perbatasan, kata kementerian luar negeri Meksiko, Senin (14/3).

Dalam sebuah pertemuan, Meksiko setuju dengan delegasi AS bahwa proyek penyeberangan perbatasan di sebelah timur pelabuhan masuk Otay Mesa, yang disebut Otay II, adalah "prioritas strategis", kata kementerian itu melalui pernyataan.

Pada pertemuan itu, delegasi AS dipimpin oleh Menteri Keamanan Dalam Negeri Alejandro Mayorkas.

Sebelumnya, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan di Twitter bahwa pemerintah Meksiko membahas masalah tenaga kerja dan migrasi dalam pertemuan dengan Mayorkas.

"Kami terus mempromosikan kerja sama untuk pembangunan dengan keadilan dan penghormatan terhadap hak asasi manusia," kata Lopez Obrador.

Sebagian besar migran yang tiba di perbatasan AS berasal dari Amerika Tengah.

Namun, pihak petugas Meksiko mendapati orang-orang Rusia dan Ukraina juga menyeberang dari Meksiko menuju Amerika Serikat, menurut pemerintah Tijuana, kota perbatasan di Meksiko. 

Para petugas pun berusaha menolong mereka dengan membagikan informasi dalam bahasa Rusia dan Ukraina.

Mayorkas berada di Meksiko untuk melakukan pertemuan pada Senin (14/3) waktu setempat sebelum dia dijadwalkan mengunjungi Kosta Rika pada Selasa.

Sumber: Reuters

Baca juga: Penjaga perbatasan AS sempat tahan 14 prajurit Meksiko di El Paso

Baca juga: Otoritas Meksiko selamatkan 22 warga asing yang diculik dari hotel


 

Perbatasan AS-Meksiko kembali dibuka setelah 20 bulan ditutup

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022