Sebanyak 495 rumah warga di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan terdampak banjir akibat intensitas curah hujan tinggi yang terjadi pada Minggu (13/3) malam
Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan meminta warga setempat untuk mewaspadai hujan lebat pada siang hingga malam hari sepanjang Selasa (15/3).

Dalam taklimat media yang diterima ANTARA di Palembang, Selasa disebutkan cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan sedang-lebat di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, OKU, Muara Enim, Lahat, Musi Rawas dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) pada siang hingga sore hari.

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan ringan di Palembang, Ogan Ilir, OKU Timur, Empat Lawang, Pagar Alam dan Lubuklinggau.

Pada malam hari, cuaca diprakirakan berawan hingga potensi hujan sedang - lebat di wilayah OKI, Ogan Ilir, OKU Timur dan Prabumulih. Sedangkan, yang potensi hujan ringan di wilayah OKU, Muara Enim dan Musi Rawas Utara.

Pada dini hari, cuaca diprakirakan berawan hingga potensi hujan ringan di wilayah Banyuasin, Palembang, OKI, Ogan Ilir dan Musi Rawas Utara.

Sedangkan pada pagi hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah OKI, Ogan Ilir, Banyuasin dan Muara Enim.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 23 – 32 °Celcius (C), kelembapan udara 65 persen - 98 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 19 – 31 °C, kelembapan udara 65 persen - 100 persen. Angin dari barat – timur laut dengan kecepatan 5 – 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa 0,5 – 1,25 meter, di Selat Bangka bagian Utara dan Selat Bangka bagian Selatan 0,1 - 0,5 meter. Cuaca diprakirakan hujan ringan-sedang, arah angin dari barat – timur laut dengan kecepatan 5 – 22 km/jam.

Sebelumnya, sebanyak 495 rumah warga di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan terdampak banjir akibat intensitas curah hujan tinggi yang terjadi pada Minggu (13/3) malam.


Baca juga: 495 rumah warga di Baturaja Sumsel diterjang banjir

Baca juga: BMKG: Hujan sedang-lebat masih landa Sumsel hingga dasarian II Maret

Baca juga: BMKG: Warga Sumsel diminta waspada hujan disertai petir

 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022