Jakarta (ANTARA) - Atlet tembak muda yang baru saja menjuarai Lomba Tembak Piala Komandan Paspampres (Danpaspampres) 2022, Sergio Sanjaya, mengatakan tengah mengincar prestasi gemilang di kejuaraan dunia yang diadakan di Thailand pada tahun ini.

"Saya akan terus berlatih agar dapat menjadi peserta terbaik di kejuaraan atau kompetisi itu nantinya," kata Sergio melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Pada lomba Tembak Piala Danpaspampres 2022 anak laki-laki yang baru berusia 13 tahun tersebut berhasil juara 1 PCC Junior dan juara 2 Open Grade D.

Pada kejuaraan menembak yang diadakan dalam rangkaian Hari Bhakti Ke-76 Paspampres tersebut, ia mengaku sangat siap dan bisa dengan cepat beradaptasi.

Baca juga: TNI buka peluang gaet atlet tembak berprestasi jadi prajurit

Ia mengatakan capaian atau prestasi yang diraih atlet yang masih duduk di bangku kelas enam sekolah dasar tersebut dipersembahkan untuk ayahnya yakni Olga Giovanni Darmawan yang bertugas di Sumatera Selatan.

Sebelum mengikuti Lomba Tembak Piala Danpaspampres 2022, atlet muda berusia 13 tahun tersebut juga menunjukkan prestasi dalam berbagai kompetisi menembak, salah satunya Dankormar Cup 2021 yang berlangsung di Lapangan Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan. Pada ajang tersebut, Sergio berhasil menyabet juara 1.

Padahal, anak kelahiran Solo 9 September 2009 ini awalnya kurang diperhitungkan dalam kejuaraan menembak Dankormar Cup 2021 di kelas junior. Namun, keadaan berubah ketika sesi tembakan reaksi yang diambilnya hanya membutuhkan waktu sembilan detik.

Adapun penghargaan yang diraih Sergio di antaranya Kejuaraan Tembak Reaksi IPSC, Kejuaraan Piala Eigers Championship 2021, Juara 2 Junior Pistol, Juara 3 Junior Pistol Caliber Carbine, Kejuaraan Dankormar Cup 2021, Juara 2 Pistol Open Junior, Juara 1 Pistol Caliber Carbine Junior.

Sebelumnya, Wakil Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Wadanpaspampres) Marsma TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko mengatakan olahraga menembak mengajarkan tentang disiplin dan ketekunan.

"Satu pelajaran yang harus kita petik dalam lomba ini, bagi seluruh pecinta olahraga menembak bahwa siapa yang paling siap ialah yang akan mencapai prestasi optimal," kata Marsma Wahyu.

Wadanpaspampres menyampaikan kejuaraan menembak Piala Danpaspampres 2022 merupakan ajang untuk menyalurkan minat dan bakat. Tidak hanya anggota TNI dan Polri, tetapi juga masyarakat sipil yang menggeluti olahraga menembak.

Baca juga: Keseruan Raffi Ahmad hingga Parto dalam lomba tembak bareng paspampres
Baca juga: Lomba menembak Piala Danpaspampres 2022 diikuti lebih dari 800 peserta

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022