Terpaksa kami mencari cari dan bertanya ke berbagai seniman yang karyanya layak untuk ditampilkan dalam pameran yang digelar oleh Louis Vuitton dan mengisi pameran di galeri yang setiap lima bulan berganti ganti dari berbagai negara di dunia,"
Paris  (ANTARA News) - Karya seni kontemporer 11 seniman Indonesia termasuk Garin Nugroho dengan tema Trans Figurations Mythologies Indonesiennes dipamerkan di lantai tujuh gedung bergengsi Louis Vuitton.

Gedung Louis Vuitton terletak di daerah Champs Elyeese, Paris  dan pameran tersebut berlangsung sejak 24 Juni hingga 23 Oktober.

Konsumen Louis Vuitton dari berbagai negara tertarik menyaksikan pameran, ujar Magali Charmet, petugas di Espace Culturel Louis Vuitton, Paris kepada koresponden Antaranews.com London,Senin.

Tercatat sekitar 10.000 pengunjung dari berbagai bangsa yang menyaksikan pameran yang digelar gallery Louis Vuitton  tersebut.

Karya seniman Mella Jaarsman yang berjudul The Fire Eaters yang terbuat dari potongan kemasan jamu dan obat tradisional yang dijahit berbentuk celana panjang itu menghiasi salah satu etalase gedung.

Petugas wanita mengatakan kepada seluruh penumpang yang akan menyaksikan pameran di lantai tujuh mengingatkan bahwa lift akan gelap gulita dan penumpang dapat merasakan sensasi sebelum menyaksikan pameran kontemporer Indonesia.

Begitu sampai di lantai tujuh, seorang petugas pria mengingatkan kalau pengunjung dilarang mengambil foto, dan saat lift terbuka terlihat pemandangan  kebakaran di sebuah gereja.

Karya seni kontemporer Ariadhitya Pramuhendra, seniman muda yang namanya mulai menanjak di tanah air, memperliatkan kursi dan altar tempat pendeta yang hangus terbakar dan juga meja tempat jemaah duduk pun hangus dimakan api.

Menurut Magali Charmet, awalnya Louis Vuitton mengalami kesulitan untuk mendapatkan karya seni dari seniman Indonesia.

"Terpaksa kami mencari cari dan bertanya ke berbagai seniman yang karyanya layak untuk ditampilkan dalam pameran yang digelar oleh Louis Vuitton dan mengisi pameran di galeri yang setiap lima bulan berganti ganti dari berbagai negara di dunia."

Karya seni kontemporer lainnya seperti karya Heri Dono, Jompi Jompet, Agung Kurniawan dan Eko Nugroho serta karya Garin Nugroho juga dipamerkan.

Sutradara dan produser Garin Nugroho menampilkan video presentasi yang bercerita berkisar patung, simbol dari ibu pelindung. Karya Transfigurasi - Indonesia Mythologies dalam pameran, mengambarkan terjadinya perubahan di Jawa.
(H-ZG)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011