Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Italia Muhammad Prakosa menyerahkan surat kepercayaan kepada Sekretaris Jenderal Lembaga Internasional untuk Unifikasi Hukum Perdata (UNIDROIT) Ignacio Tirado di Roma, Italia, demikian keterangan dari KBRI Roma yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dalam penyerahan surat kepercayaan yang berlangsung pada Jumat (11/3) itu, dubes RI untuk Italia yang merangkap Malta, Siprus, San Marino serta FAO, IFAD, WFP, dan UNIDROIT tersebut didampingi oleh Wakil Kepala Perwakilan Lefianna Ferdinandus, Koordinator Fungsi Ekonomi/Multilateral Caka Alverdi Awal dan Pelaksana Fungsi Multilateral Purna Cita Nugraha.

Sementara Sekjen UNIDROIT didampingi oleh Presiden Governing Council, Maria Chiara Malaguti dan Wakil Sekjen Anna Veneziano.

M. Prakosa dalam kesempatan itu menyampaikan komitmen untuk memperkuat kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan UNIDROIT, khususnya di bidang hukum perikatan dan pengembangan model hukum agraria. Ia juga menginginkan peningkatan kerja sama program magang dan penelitian bagi pejabat serta peneliti Indonesia di UNIDROIT.

“Kemudian, realisasi rencana kunjungan ke Indonesia pada paruh ke dua tahun 2022, serta akses UNIDROIT online library bagi akademisi Indonesia,” katanya sambil menambahkan bahwa Ignacio Tirado juga menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap penguatan berbagai program kerja sama dengan Indonesia dan juga menyampaikan dukungan bagi Presidensi G-20 di Indonesia.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Italia Muhammad Prakosa menyerahkan surat kepercayaan (letters of credence) kepada kepada Presiden Dana Internasional untuk Pembangunan Pertanian (IFAD) Gilbert Fossoun Houngbo di Markas besar IFAD, Jumat (11/3/2022). (ANTARA/HO-KBRI Roma/ak)

Selain itu, M. Prakosa juga menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Dana Internasional untuk Pembangunan Pertanian (IFAD) Gilbert Fossoun Houngbo di Markas besar IFAD dan menyampaikan salam hangat Pemerintah Indonesia kepada Houngbo yang menyambut baik kedatangan delegasi.

M. Prakosa menyampaikan apresiasi terhadap kinerja IFAD dalam memajukan peran pertanian pedesaan di negara-negara berkembang dan terus mendorong Kerja Sama Selatan-Selatan dan Triangular, serta menekankan komitmen penuh Pemerintah Indonesia untuk terus bekerja sama dengan IFAD.

Dalam pertemuan yang bernuansa hangat dan akrab, Houngbo menyampaikan penghargaan  terhadap kerja sama dan kontribusi Indonesia pada IFAD, termasuk partisipasi dalam berbagai forum di IFAD, serta menyampaikan dukungan penuh terhadap Presidensi G-20 Indonesia.

Baca juga: Kerja sama perdagangan Indonesia-Italia berpotensi meningkat
Baca juga: KBRI Roma: Wastra Nusantara ikut perkuat diplomasi Indonesia
Baca juga: Maquinn harumkan Indonesia lewat "Fashion Film Realm of Silence"


 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022