Jakarta (ANTARA News) - PT Barito Pacific (BRPT) melepas kepemilikan saham di PT Chandra Asri Petrochemical (TPIA) sebesar 7,13 persen kepada SCG Chemicals Co ltd yang merupakan anak usaha Siam Cement Group yang berkedudukan di Thailand.

Dalam kesempatan yang sama, Apleton Investment Ltd yang merupakan anak usaha Temasek holdings juga melepas seluruh kepemilikan saham TPIA sebesar 22,87 persen atau setara dengan 701.338.625 lembar saham kepada SCG Chemicals Co ltd.

Penandatanganan kerjasama beralihnya kepemilikan dilakukan antara Barito Pacific, Apleton, dan SCG Chemicals. Kesepakatan harga saham yang dilepas adalah Rp4.088 per lembar. Dengan begitu, SCG Chemicals CO Ltd menguasai 30 persen saham Chandra Asri Petrochemical senilai Rp3,76 triliun.

Senior Vice President PT Barito Pacific Tbk, Agustinus Sudjono, di Jakarta, pada Selasa mengatakan bahwa pelepasan saham Chandra Asri milik BRPT sebesar 218.520.300 lembar saham (7,13 persen) dari 72 persen menjadi 64,87 persen secara langsung dan tak langsung merupakan keputusan strategis.

Ia mengemukakan, dana yang diperoleh dari transaksi ini, akan digunakan untuk memperkuat komitmen diversifikasi investasi perseroan pada unit usaha lain seperti industri sawit dan batu bara.

"Dengan cash flow ini dapat mempercepat pertumbuhan kita khususnya anak usaha kita. Kita akan melihat aset-aset lain seperti industri sawit dan batubara," kata dia.

Ia menambahkan, perseroan akan menganggarkan dana sebesar 50 juta dolar AS untuk pengembangan industri sawit dan batubara.

Ia mengaku, BRPT tidak hanya bergantung pada industri petrokimia saja ke depannya. Hal ini dilakukan untuk menyeimbangkan masing-masing pertumbuhan unit usaha perseroan. Industri batubara dan kelapa sawit yang dilirik perseroan.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur TPIA, Erwin Ciputra, mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik masuknya SCG Chemicals CO Ltd menjadi pemegang saham baru.

"Bergabungnya SCG Chemicals ke dalam perseroan akan meningkatkan nilai dan mendukung pengembangan usaha Chandra Asri. Pengalaman dan rekam jejak SCG Chemicals sebagai perusahaan petrokimia terkemuka di Asia tentunya akan mendatangkansinergi dan nilai tambah dalam operasional bisnis erusahaan," ujarnya.

Ia menambahkan, kemitraan strategis ini juga akan mempercepat rencana ekspansi Cracker Perseroan. Model bisnis SCG akan membawa dampak positif bagi Chandra Asri selaras dengan visi perseroan untuk menjadi perusahaan petrokimia terintegrasi di Indonesia.

Struktur kepemilikan perseroan sebesar 64,87 persen dimiliki Barito Pacific, SCG Chemical (30 persen), dan publik sebesar 5,13 persen.
(T.KR-ZMF/B012)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011