Kami mengevakuasi dengan menggunakan kandang transpor
Lubukbasung, (ANTARA) - Seekor beruang madu (Helarctos malayanus) masuk ke kandang jebak milik Resor Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada Rabu pagi setelah selama sembilan hari dipasang di lahan kebun tebu milik warga Dusun Surau Kubangan, Jorong Sidang Tangah, Nagari Matua Mudiak, Kecamatan Matur.

Wali Jorong Sidang Tangah, Agusmar di Lubukbasung, Rabu mengatakan beruang itu pertama kali dilihat masuk ke kandang jebak oleh warga setempat atas nama Aditiawarman saat hendak mencari rumput di lokasi kandang jebak.

"Aditiawarman melaporkan ke saya bahwa beruang masuk kandang jebak dan ia melaporkan pintu tidak tertutup," katanya.

Mendapat laporan itu, ia langsung ke lokasi untuk memastikan apakah pintu sudah tertutup dengan rapat dan langsung memberitahu ke Resor KSDA Maninjau.

Di lokasi, warga sudah ramai melihat beruang yang meresahkan warga akibat merusak tanaman tebu, nangka milik warga dan bahkan muncul di permukiman warga.

"Saya kesulitan untuk melarang warga agar jangan mendekat," katanya.

Sementara Kepala Resor KSDA Maninjau, Ade Putra menambahkan petugas Resor KSDA Maninjau langsung ke lokasi untuk mengevakuasi satwa itu setelah mendapatkan informasi dari Wali Jorong Sidang Tangah.

Baca juga: KSDA Agam pasang perangkap evakuasi beruang madu di kebun durian

Baca juga: Harimau Sumatera serang ternak warga Agam

"Kami mengevakuasi dengan menggunakan kandang transpor," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya akan melakukan observasi terkait kondisi fisik apakah terdapat luka, cacat dan lainnya.

Apabila dinyatakan sehat, tambahnya, satwa dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya langsung di rilis atau lepas liar di kawasan konservasi yang aman dari satwa tersebut.

"Lepas liar kita lakukan setelah hasil dari observasi yang kita lakukan," katanya.

Ia mengakui, penanganan konflik manusia dengan satwa liar jenis beruang madu itu semenjak Januari 2022.

Resor KSDA Maninjau telah melakukan penanganan konflik manusia dengan beruang madu tersebut dengan menurunkan tim.

Penanganan konflik berupa wawancara dengan saksi mata yang melihat beruang madu, identifikasi lapangan, memantau keberadaan satwa dari kotoran, jejak cakaran dan sisa makanan.

Bahkan Resor KSDA Maninjau juga memasang dua kamera jebak, kandang jebak dan melakukan patroli. "Upaya telah kita lakukan, namun belum berhasil untuk mengevakuasi beruang madu," katanya.

Baca juga: Dua anak burung rangkong dilindungi diserahkan warga ke KSDA Agam

Baca juga: BKSDA temukan tumbuhan langka kantong semar di Agam

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022