Tidak ada korban jiwa akibat gempa tadi pagi
Bandung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat satu rumah di Kabupaten Bandung mengalami kerusakan akibat getaran gempa yang bersumber dari pantai selatan Sukabumi, Rabu.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Jawa Barat Hadi Rahmat di Bandung, Rabu mengatakan satu rumah itu berlokasi di Desa Pangalengan, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

"Satu unit rumah rusak sedang, rumah yang dihuni enam jiwa.  Namun demikian tidak ada korban jiwa akibat gempa tadi pagi," kata Hadi.

Sejauh ini, menurut dia BPBD baru menerima satu laporan tersebut terkait dampak kerusakan yang dialami akibat gempa.

Selain itu, BPBD Jawa Barat juga menurut dia berkoordinasi dengan BPBD Kota Sukabumi untuk melakukan pengecekan terkait total kerusakan yang timbul akibat gempa bumi.

Adapun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa yang terjadi pada pukul 10.00 WIB yang berkekuatan 5,5 magnitudo itu terasa di berbagai wilayah di Jawa Barat, Banten, hingga Jakarta.

Berdasarkan rilis BMKG, getaran gempa yang paling dirasakan oleh masyarakat yakni di kawasan Pelabuhan Ratu hingga Cianjur.

Kemudian gempa susulan juga sempat terjadi pada pukul 11.06 WIB yang berkekuatan 4,2 magnitudo. Titik gempa tersebut masih berada pada lokasi yang berdekatan.

Baca juga: Gempa M 5,5 di Jawa Barat sebabkan guncangan sedang

Baca juga: BMKG catat gempa 5,5 M dirasakan di Sukabumi hingga Jakarta

Baca juga: Gempa M5,5 kejutkan warga Sukabumi

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022