London (ANTARA News) - Arsenal terhindar dari kekalahan pada putaran ketiga Piala Liga ketika melawan Shrewsbury, ketika tim Gunners itu sempat kecolongan tapi akhirnya menang 3-1, sedangkan Manchester United menang 3-0 atas saingan berat mereka Leeds, Selasa.

Setelah mengalami kekalahan 3-4 di Blackburn, merupakan kekalahan terburuk Arsenal pada awal musim dalam 58 tahun ini, Ketua Eksekutif Ivan Gazidis memilih tetap mempublikasikan dukungan terhadap bos Arsene Wenger.

Tapi dewan petinggi Arsenal kelihatannya mulai khawatir ketika tim League 2 Shrewsbury dengan mengejutkan memimpin pertandingan melalui James Collins pada laga yang berlangsung di Stadion Emirates.

Wenger sebelumnya tidak pernah khawatir dengan kompetisi Piala Liga, tapi ia tidak dapat menyembunyikan kekhawatirannya setelah mengalami kalah menakutkan 2-8 di Manchester United.

Pelatih dari Prancis itu menarik nafas lega ketika tercipta gol dari Kieran Gibbs, Alex Oxlade-Chamberlain dan Yossi Benayoun, sehingga Arsenal, yang dikalahkan Birmingham di final tahun lalu, maju ke putaran keempat.

"Kami berjudi dengan menurunkan para pemain muda," kata Wenger, "Tapi berhasil dan kita beberapa pemain, di antaranya Oxlade-Chamberlain, melakukan tugasnya dengan baik dan menunjukkan masa depan positif."

"Shrewsbury tim bagus, tapi mereka kurang memiliki teknik sehingga memiliki beberapa situasi amat berbahaya. Pada babak pertama tidak terlalu buruk bagi kami dan pada babak kedua pemain berhasil mengatasi masalah mereka," katanya.

Di Elland Road, Michael Owen menaikkan harkat Manchester United ketika membalas kekalahan mereka di Piala FA melawan Leeds, ketika membukukan kemenangan rutin mereka.

Tim asuhan Sir Alex Ferguson itu sempat merah muka para pemainnya ketika melawan Leeds di putaran Piala FA Januari 2010, saat kedudukan 1-0 pada laga di Old Trafford itu.

Tapi tidak ada ulangan kali ini, ketika Owen membuat gol ganda dan Ryan Giggs menambah angka saat United berkunjung ke Elland Road dalam delapan tahun ini.

"Rasio Owen untuk menciptakan gol luar biasa dan golnya yang kedua amat fantastik," kata Ferguson.

"Dengan adanya Berbatov, (Javier) Hernandez dan (Wayne) Rooney di sekelilingnya ia jadi kurang mendapatkan apa yang diinginkannya. Sayang, tapi ia tampil secara keseluruhan amat fantastik," katanya.

United memimpin pada menit ke-15 ketika Owen memanfaatkan umpan lambung dari Park Ji-Sung.

Owen menciptakan golnya yang kedua setelah mendapat umpan dari Mame Diouf pada menit ke-32 dan Giggs menambah gol lainnya dengan usahanya sendiri.

Stoke mengalahkan Tottenham 7-6 lewat adu penalti pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Britannia.

Thomas Sorensen menjadi pahlawan bagi Stoke ketika penjaga gawang dari Denmark itu mengamankan gebrakan Massimo Luongo dari titik putih.

Newcastle menang 4-3 di Nottingham Forest, lewat gol penentu Fabricio Coloccini pada menit akhir perpanjangan waktu.

Forest terlebih dahulu unggul melalui Robbie Findley, Matt Derbyshire dan Marcus Tudgay menyamakan kedudukan atas dua gol Peter Lovenkrands serta Danny Simpson yang menggebrak menit ke-93.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011