Beijing (ANTARA) - Sebuah mesin oksihidrogen dengan daya dorong tinggi milik China berhasil menyelesaikan uji coba selama 520 detik dalam persiapan untuk rencana peluncuran modul laboratorium stasiun luar angkasa, kata perusahaan pembuat mesin tersebut, Rabu (16/3).

Mesin yang dikembangkan oleh China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC) itu dirancang untuk menjadi tahap inti dari seri roket pembawa Long March-5.

Long March-5 akan digunakan untuk meluncurkan dua modul laboratorium stasiun luar angkasa Tiangong China yang tengah mengorbit tahun ini.

Uji coba jarak jauh tersebut, yang berlangsung selama 520 detik, telah membuktikan keandalan mesin, dan ada lebih dari 20 tugas eksperimental yang akan dilakukan mesin roket itu guna menguji kinerjanya lebih lanjut, kata pihak perusahaan.

Tahun ini, China berencana melakukan enam misi lagi, yakni peluncuran modul laboratorium Wentian dan Mengtian, dua pesawat kargo luar angkasa, serta dua pesawat luar angkasa berawak, untuk menyelesaikan pembangunan stasiun luar angkasa.  
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022