Samarinda (ANTARA) - Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Sulawesi Selatan siap menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam pengembangan dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Gubernur Kaltim Isran Noor di Samarinda, Rabu menyambut baik tawaran tersebut dan akan menindaklanjuti bersama Organisasi Perangkat Daerah terkait.

Baca juga: Kemarin, Istana Negara di IKN hingga Pemilu sesuai jadwal

"Bagus, saya sangat senang. Kami akan komunikasikan dengan OPD terkait, sehingga ketika dilakukan kerja sama bisa berjalan baik," ucap Isran Noor di sela-sela menerima kunjungan Rektorat Unibos yang dipimpin Rektor Unibos Prof Dr H Muhammad Saleh Pallu di Ruang Kerja Gubernur Kaltim.

Menurut Isran, peran dunia pendidikan, khususnya perguruan tinggi sangat besar dalam mendukung percepatan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Baca juga: Dewan Adat Dayak usulkan reforma agraria ke Presiden

Karena itu, Pemprov Kaltim mengapresiasi tawaran Unibos untuk kerja sama pendidikan bagi SDM Kaltim maupun pegawai pemerintah.

"Terima kasih tawarannya, akan kami pikirkan kerja sama ini," jelas Isran.

Rektor Unibos Prof Dr H Muhammad Saleh Pallu menjelaskan tawaran dilakukan karena Kaltim saat ini sebagai Provinsi IKN tentu memerlukan dukungan, khususnya dalam peningkatan kualitas SDM.

Baca juga: Perpusnas: Perpustakaan Penajam bisa jadi pintu gerbang IKN Nusantara

"Untuk itu, Universitas Bosowa sebagai perguruan tinggi di Indonesia Timur menawarkan kerja sama pendidikan. Terutama program S2 dan S3 bagi ASN," jelas Profesor Saleh.

Prof Saleh mengatakan, tawaran yang disampaikan untuk program unggulan Unibos, yakni Program Studi Perencanaan Wilayah dan Penataan Kota.

"Kami harap bisa diterima tawaran ini. Yang jelas, selain Pemprov Kaltim, kami juga menawarkan kerja sama dengan seluruh perguruan tinggi di Kaltim," jelasnya.

Hadir mendampingi Gubernur Isran Noor, Karo Umum Hj Norhayati Usman dan tokoh pendidikan Prof Dr H Djafar Haruna.

Pewarta: Arumanto
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022