Jakarta (ANTARA) — Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI melakukan kunjungan diplomatik ke Chile pada tanggal 17-23 Oktober 2023 sebagai upaya menjalin kerjasama antar parlemen. 

“Kunjungan ini diperuntukkan untuk bertemu dan menjalin kerja sama dengan parlemen dan pemangku kepentingan di negara tersebut,” ujar Pimpinan delegasi Achmad Hafisz Tohir (F-PAN).

Pada kunjungan ini delegasi BKSAP DPR RI juga melakukan courtesy call dengan Duta Besar RI untuk Republik Chile, Y.M. Muhammad Anshor pada Selasa, 18 Oktober 2023.

Pada kesempatan itu, Hafisz Tohir menyampaikan kepada Dubes M. Anshor terkait tujuan kunjungan BKSAP DPR berkunjung ke Chile  

Sebaliknya, Dubes M Anshor menyambut baik atas kunjungan BKSAP dan menyampaikan perkembangan terakhir di Chile serta kerja sama bilateral dengan Indonesia yang telah dijalin selama ini.

Dubes M Anshor juga menyampaikan agar DPR memahami perkembangan sosial politik di kawasan Amerika latin sehingga peran diplomasi yang dilaksanakan dapat saling bersinergi dengan diplomasi negara yang secara resmi diwakili oleh pemerintah.

Chile merupakan partner Kerjasama RI yang potensial, ditunjukkan dengan menjadi satu-satunya di negara Amerika Selatan diwakili oleh Perusahaan Gelymar yang mendapatkan piagam penghargaan Primaduta dari pemerintah Indonesia atas komitmennya dalam mengimpor produk rumput laut dan turunannya dari Indonesia. Selain itu, sebagai mitra perdagangan terbesar ketiga bagi Indonesia di Kawasan amerika Selatan, kedua negara juga telah sepakat menandatangani persetetujuan kemitraan ekonomi komprehensif yang dikenal dengan Indonesia-Chile Comprehensive Economic Partnership Agreement (IC-CEPA).

Dengan adanya CEPA beberapa komoditi Indonesia mendapat tarif 0% di pasar Chile antara lain produk pertanian, perikanan dan manufaktur. Sedangkan komoditas Chile yang mendapatkan tarif 0% di pasar Indonesia diantaranya produk pertanian, perikanan, pertambangan dan produk industry. 

Dalam pertemuan tersebut, Delegasi BKSAP DPR RI menyampaikan apresiasi yang tinggi bagi Kedutaan Indonesia di Santiago yang telah menjadi jembatan kerjasama bagi DPR RI dan Parlemen Chile. Dibahas pula berbagai peluang Kerjasama dengan berbagai pihak di Chile dan komitmen BKSAP dalam mendukung terjalinnya kerjasama ekonomi, budaya dan Pendidikan antara kedua negara.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023