Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah sejumlah berita humaniora kemarin (16/3) yang menarik perhatian pembaca dan layak dibaca pagi ini, diantaranya Kementerian Agama mengusulkan biaya haji menjadi Rp42 juta dan ketentuan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) ke aturan sebelumnya.

BPOM jamin keamanan vaksin yang batas kedaluwarsanya diperpanjang

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menjamin kualitas vaksin COVID-19 yang mengalami perpanjangan batas kedaluwarsa di Indonesia, selama didukung dengan data uji stabilitas dari otoritas terkait.

"Tidak masalah perpanjangan batas kedaluwarsa vaksin, selama dijamin produk tersebut stabil, sesuai standar mutu," kata Kepala BPOM RI Penny K Lukito dalam konferensi pers HUT Ke-21 BPOM di Kantor BPOM di Jakarta, Rabu.

Kemenag usul biaya haji jadi Rp42 juta

Kementerian Agama mengusulkan biaya haji menjadi Rp42.452.369, yang dihitung menyesuaikan dengan adanya pencabutan sejumlah penerapan protokol kesehatan di Arab Saudi yang selama ini menjadi salah satu syarat penyelenggaraan umrah.

"BPIH (biaya perjalanan ibadah haji) untuk dibayarkan jamaah Rp45 juta menjadi Rp42 juta," ujar Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief, dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VIII DPR yang diikuti di Jakarta, Rabu.

Menaker kembalikan ketentuan klaim JHT ke aturan sebelumnya

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bahwa revisi dari Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) akan mengembalikan mekanisme pencairan JHT seperti aturan terdahulu.

"Isi revisi adalah mengembalikan ketentuan klaim JHT sebagaimana Permenaker Nomor 19 Tahun 2015 ditambahkan kemudahan-kemudahan baru dalam mengklaim JHT," ujar Menaker Ida Fauziyah dalam konferensi pers di Kantor Kemnaker, Jakarta, Rabu.

Hujan diprakirakan meliputi sejumlah daerah saat Siklon Billy menjauh

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan hujan lebat meliputi sejumlah daerah pada Rabu, semasa Siklon Tropis Billy menjauhi wilayah Indonesia.

Menurut siaran informasi prakiraan cuaca BMKG, peningkatan kecepatan angin yang bisa meningkatkan pertumbuhan awan hujan terjadi di Samudra Hindia barat daya Banten saat siklon tropis tersebut menjauhi wilayah Indonesia.

Penerima vaksin lengkap capai 152,405 juta jiwa penduduk Indonesia

Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 melaporkan jumlah warga Indonesia yang telah menerima vaksin dosis lengkap mencapai 152,405 juta jiwa hingga Rabu, pukul 12.00 WIB.

Data Satgas COVID-19 yang diterima di Jakarta, Rabu menunjukkan jumlah penduduk yang telah mendapat suntikan dua dosis vaksin COVID-19 hari ini bertambah 583.348 menjadi 152.405.191 orang.

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022