Kemenkes menyatakan 27 kasus kematian petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) telah terjadi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sampai dengan 16 Februari
Jakarta (ANTARA) - Dalam sepekan sejumlah berita humaniora menarik perhatian pembaca yang dapat kembali disimak pada Minggu, termasuk kepala Puskesmas di Palembang yang dicopot karena larang pegawai hamil. Selain itu, terdapat pula kabar mengenai kebutuhan perbaiki tanggul atasi banjir Demak, data kematian KPPS, inovasi mahasiswa Unmuh sampai perpanjangan waktu pelunasan biaya haji.

Berikut berita humaniora sepekan yang dapat disimak kembali hari ini:

1. Larang pegawai hamil, kepala puskesmas di Palembang dicopot jabatannya

Inspektorat Kota Palembang Sumatera Selatan menyatakan bahwa Kepala Puskesmas Sabokingking yang melarang pegawai hamil terancam dicopot dari jabatannya setelah kebijakan itu dilaporkan para pegawainya.

2. BNPB: Perbaikan tanggul & TMC kebutuhan mendesak atasi banjir Demak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan terdapat urgensi perbaikan tanggul sungai dan pelaksanaan teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk mengatasi banjir yang terjadi di Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

3. Kemenkes catat 27 kasus kematian petugas KPPS pada Pemilu 2024 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan 27 kasus kematian petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) telah terjadi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sampai dengan 16 Februari.

4. Mahasiswa Unmuh Jember ciptakan inovasi canggih keamanan motor

Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember di Jawa Timur telah menciptakan inovasi terbaru untuk memastikan keamanan sepeda motor melalui teknologi Weiler Smart Security Alarm.

5. Pelunasan biaya haji tahap 1 diperpanjang hingga 23 Februari 2024 Kementerian Agama (Kemenag) memperpanjang masa pelunasan Biaya Perjalanan Haji (Bipih) untuk jamaah calon haji reguler sampai dengan 23 Februari 2024. Sebelumnya masa pelunasan dilaksanakan pada periode 10 Januari hingga 12 Februari 2024.

 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024