Banjarbaru (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Selatan(Kalsel) Irjen Pol Winarto memberikan penghargaan kepada anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebagai wujud mensyukuri tuntasnya Pemilu 2024 yang terlaksana dengan aman, lancar dan damai.

"Anggota KPPS telah berkontribusi besar sebagai ujung tombak pelaksana pemilu saat pemungutan suara," kata Kapolda Winarto di Banjarbaru, Kamis.

Perwakilan anggota KPPS terpilih di 13 wilayah kabupaten dan kota se-Kalsel itu pun diberikan penghargaan khusus oleh Kapolda saat tablig akbar doa bersama TNI-Polri dan syukuran atas kelancaran terlaksananya Pemilu 2024.

Kapolda menyebut sebanyak 98.088 anggota KPPS yang bertugas melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di 13.584 TPS se-Kalsel telah menunjukkan dedikasi dan pengorbanannya untuk suksesnya pemilu.

Bahkan ada yang sampai mengorbankan jiwanya gugur dalam tugas mulia sehingga layak dinobatkan sebagai pahlawan demokrasi.

Selain anggota KPPS, Kapolda juga memberikan penghargaan serupa untuk anggota perlindungan masyarakat (Linmas) yang bertugas mengamankan TPS.

Usai pemilu, Kapolda memastikan tugas berikutnya yang sudah di depan mata pengamanan Pilkada Serentak 2024.

Dia menekankan evaluasi dari apa yang telah dilalui pada pemilu menjadi bahan masukan untuk perbaikan ketika pilkada nanti.

"Saya minta anggota agar kondisi yang terkendali saat ini jangan sampai membuat kita terlena, tetap siaga dan waspada terhadap dinamika perkembangan politik di lapangan," tegasnya.
Baca juga: Kapolda Kalsel minta masyarakat hormati rekapitulasi pascapencoblosan
Baca juga: Kapolda Kalsel pastikan 720 personel sehat pascapengamanan pemilu 2024

Pewarta: Firman
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024