Banjarmasin (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Selatan(Kalsel) Irjen Pol Winarto memastikan 285 gereja di wilayah itu pada malam Natal kondusif dengan tidak adanya peristiwa menonjol yang dilaporkan oleh 13 Polres jajaran.

"Alhamdulilah semuanya kondusif, peribadatan di gereja berjalan lancar dan aman," kata Kapolda saat memantau Misa Malam Natal di sejumlah gereja di Banjarmasin, Minggu malam.

Untuk mengamankan Misa Natal, Polda Kalsel mendirikan posko di semua gereja dengan penempatan personel gabungan TNI-Polri dibantu instansi pemerintah daerah.

Kemudian sterilisasi lokasi gereja juga dilaksanakan sejak Sabtu (23/12) oleh Detasemen Gegana Brimob dan Unit K-9 Direktorat Samapta Polda Kalsel.

Kapolda menyebut hasil sterilisasi tidak ditemukan benda-benda mencurigakan seperti bahan peledak dan sebagainya.

"Semua langkah pengamanan ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi saudara-saudara kita yang merayakan Natal," tegasnya.
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Winarto bersama forkopimda saat menyambangi gereja HKBP Banjarmasin di malam Natal. (ANTARA/Firman)


Winarto pun mengimbau masyarakat khususnya yang beragama Nasrani agar tidak khawatir dalam mengikuti seluruh rangkaian ibadah Natal.

Langkah sigap dan antisipatif aparat keamanan telah dilaksanakan secara optimal untuk mencegah hal-hal tak diinginkan terjadi.

Diketahui pengamanan Natal menjadi bagian dari Operasi Lilin Intan 2023 yang dilaksanakan Polri selama 12 hari mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Polda Kalsel mengerahkan sebanyak 2.453 personel untuk mengamankan libur akhir tahun kali ini.
Baca juga: Mahfud MD kunjungi Gereja Katedral Jakarta pada Misa Malam Natal
Baca juga: Ribuan warga padati Kota Tua Jakarta di malam Natal 
Baca juga: Kapasitas Katedral Jakarta capai 4.000 orang untuk Ibadah Natal 2023

 

Pewarta: Firman
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023