Banjarmasin (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Selatan(Kalsel) Irjen Pol Winarto meminta masyarakat menghormati proses rekapitulasi perolehan suara pascapencoblosan Pemilu 2024 yang kini masih berlangsung di tingkat kecamatan.

"Mari kita hormati tahapan Pemilu yang kini dilaksanakan KPU, hargai prosesnya dengan menjunjung sikap demokrasi," kata dia saat program "Jumat Curhat" bersama warga Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Jumat.

Menurut Kapolda, tahapan penghitungan suaranya tidaklah mudah sehingga memerlukan waktu yang cukup panjang.

Oleh karena itu, dia mengajak semua pihak dapat turut mengawalnya sebagai bentuk dukungan terhadap kinerja penyelenggara pemilu.

"Jangan justru sebaliknya, melakukan hal-hal kontraproduktif yang bisa mengganggu tahapan akhir pemilu yakni rekapitulasi," tegasnya.

Di sisi lain, Winarto juga memuji masyarakat Kecamatan Alalak dan Barito Kuala secara umum yang telah berhasil menciptakan pemilu sejuk, aman dan damai.

Bahkan hingga saat ini tidak dilaporkan adanya temuan pelanggaran pidana pemilu ataupun hal-hal lainnya yang dapat mengganggu situasi keamanan di tengah masyarakat.

"Ini bukti masyarakat kita semakin dewasa dalam menyikapi kontestasi politik, berbeda pilihan itu pasti namun tetap menjaga persatuan," ucapnya didampingi Kapolres Barito Kuala AKBP Diaz Sasongko.

Diketahui program "Jumat Curhat" Kapolda Kalsel itu juga memberikan bantuan puluhan paket sembako bagi warga kurang mampu guna meringankan beban kebutuhan masyarakat sekaligus ungkapan rasa syukur dan apresiasi atas terselenggaranya pemilu aman dan kondusif.
Baca juga: Kapolda Kalsel pastikan 720 personel sehat pascapengamanan pemilu 2024
Baca juga: Kapolda Kalsel pimpin ribuan orang deklarasi pemilu damai

Pewarta: Firman
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024