Banjarmasin (ANTARA) - Tim Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dipimpin Mohammad Dawam melakukan analisis dan evaluasi (Anev) pelaksanaan tugas pengamanan Pemilu 2024 oleh Kepolisian Daerah(Polda) Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan mengecek sejumlah aspek mulai personel, anggaran hingga operasional.

"Semuanya kami evaluasi berkaitan Operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024 di Kalsel," kata dia di Banjarmasin, Rabu.

Selain itu, kata dia, terkait penegakan hukum yang dilakukan Direktorat Reskrimum dan Direktorat Reskrimsus Polda Kalsel di masa pemilu juga dievaluasi.

Hal itu menurutnya penting menjadi atensi Polri agar menjaga netralitas selama pemilu sekaligus tetap mengawal situasi yang aman dan terkendali.

"Pada prinsipnya kami apresiasi atas kerja keras Polda Kalsel dan 13 Polres jajarannya dalam mengamankan pemilu sehingga dapat berjalan aman, lancar, damai dan sejuk hingga tuntasnya rekapitulasi penghitungan suara oleh KPU," ucapnya.

Sementara Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi mengatakan dalam pertemuan Kompolnas dengan para pejabat terkait tugas pemilu yang dipimpin Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Turman Sormin Siregar, disampaikan oleh Irwasda jika semua hal telah dilaporkan.

"Apa yang menjadi kendala dan apa saja yang sudah dilakukan Polda Kalsel dalam mempersiapkan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif telah disampaikan semuanya ke Kompolnas," ujarnya.

Begitu juga untuk persiapan pengamanan Pilkada Serentak 2024 yang rencananya dilaksanakan pada November mendatang termasuk menjadi materi laporan ke Kompolnas.

Diketahui saat kedatangan tim Kompolnas diawali penyambutan kehormatan oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto dan Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Rosyanto Yudha Hermawan di ruang kerja Kapolda Kalsel.
Baca juga: Kompolnas cek pengamanan setelah pemilu 2024 di Polda Kaltara
Baca juga: Kompolnas awasi anggota Polri jadi saksi sengketa Pilpres 2024
Baca juga: Kompolnas tekankan penanganan narkotika di Pasaman Barat ditingkatkan
Anggota Kompolnas Mohammad Dawam bersama Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto. (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024