Komunikasikan informasi yang diperlukan dengan baik kepada para pemudik.
Jakarta (ANTARA) - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) memantau pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 dalam rangka pengamanan Lebaran yang dilaksanakan oleh Polda Jawa Timur.

Tim Kompolnas yang dipimpin oleh Irjen Pol. Purn. Pudji Hartanto Iskandar diterima langsung oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Imam Sugianto.

"Kunjungan ini tidak hanya memantau pelaksanaan Operasi Ketupat 2024, sekaligus memantau peristiwa ledakan di Kantor Subden Jibom Satbrimob Polda Jawa Timur," kata Pudji dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Dalam kunjungan Tim Kompolnas tersebut, diawali dengan rapat zoom bersama Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo bersama Manajemen ASDP, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Rapat zoom memastikan kesiapan personel Polri dalam mengawal pelaksanaan mudik dan balik Lebaran 2024, memastikan keselamatan pemudik menjadi prioritas aparat yang bertugas.

"Kapolri menekankan bahwa pelabuhan Ketapang-Gilimanuk yang menjadi jalur utama bagi pemudik di Jatim untuk mempersiapkan dengan sebaik-baiknya agar masyarakat betul-betul terlayani sehingga keamanan pemudik dapat tercapai,” kata Pudji.

Setelah itu, Tim Kompolnas bertolak menuju Pelabuhan Tanjung Perak disambut Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak serta KSOP Utama Capt. Heru Susanto beserta jajaran guna memantau secara langsung kesiapan pelayanan mudik lebaran 2024 di terminal penumpang kapal dengan menerima paparan perihal jumlah armada, kekuatan personil, rencana operasi pengamanan, serta data teknis lainnya.

Selain itu, juga dilakukan pengecekan kondisi ruang tunggu penumpang maupun kondisi kapal.

Pudji mengapresiasi kesiapan manajemen ASDP pelabuhan dalam melayani pemudik lebaran dengan terus menekankan pentingnya sistem operasi K3I, yakni koordinasi, komunikasi, dan kendali atas informasi dari semua unsur.

Apabila ada kendala di lapangan, dia berharap petugas melakukan komunikasi dengan baik kepada pemudik.

"Komunikasikan informasi yang diperlukan dengan baik kepada para pemudik," kata Pudji.

Anggota Kompolnas Mohammad Dawam yang turut serta dalam rombongan tim menambahkan bahwa kendali operasi ada di pundak unsur pimpinan.

Oleh karena itu, dia berharap seluruh jajaran anggota Polri memberikan informasi yang benar, akurat, dan tidak menyesatkan kepada unsur pimpinan di masing-masing instansi yang terlibat di dalamnya.

"Tujuannya agar tercapai sistem operasi pengamanan mudik Lebaran 2024 yang terkoordinasi dengan baik," kata Dawam.

Baca juga: Kompolnas surati Kapolda Kepri terkait istri siri polisi curhat KDRT
Baca juga: Kompolnas ingatkan waskat pimpinan cegah penyimpangan anggota Polri


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024