Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat mencatat jumlah warga di daerah setempat yang telah diberikan vaksin dosis lengkap sebanyak 618.840 orang sampai menjelang ajang Pertamina Grand Prix Of Informasi 18-20 Maret 2022.

  "Cakupan vaksinasi di Lombok Tengah untuk dosis dua itu yakni 80.22 persen," kata Kapal Dinas Kesehatan Lombok Tengah, Suhardi di Praya, Kamis.

  Capaian vaksinasi bagi warga Lombok Tengah telah melampaui target yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat dalam mendukung ajang MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Jumlah cakupan vaksinasi dosis pertama telah mencapai 92.51 persen dan dosis dua 80.22 persen serta dosis tiga 2,35 persen atau 18.709 orang.


Baca juga: Presiden minta vaksinasi di Lombok Tengah 100 persen sebelum MotoGP

Baca juga: Target vaksinasi di Lombok Tengah capai 65 persen

  "Jumlah warga yang telah diberikan vaksin dosis satu sebanyak 710.203 orang dari target vaksinasi 767.700," katanya.

  Ia juga menyampaikan aspirasi kepada tim vaksinator baik itu dari TNI-Polri dan pemerintah desa yang telah melaksanakan pelayanan vaksinasi sehingga cakupan vaksin di Lombok Tengah telah melampaui target, sehingga kekebalan tubuh warga terbentuk.

  "Untuk dosis tiga memang masih relatif sedikitnya, namun kita akan terus optimalkan percepatan vaksinasi kedepannya," katanya.

  Sementara itu, untuk kasus pasien positif COVID-19 di Lombok Tengah saat ini tidak ada yang di isolasi atau nol, setelah sebelumnya kasus COVID-19 meningkat drastis mencapai 251 pasien.

"Kasus pasien positif COVID-19 kita tidak ada atau nol," katanya.

Untuk itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kondisi tersebut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 pakai masker dan jaga jarak serta cuci tangan.

"Meskipun tidak ada kasus, kita tidak boleh tidak menerapkan protokol kesehatan," katanya.
 

Baca juga: Kemendagri awasi ketat PPKM mikro lima daerah selama liburan

Baca juga: Kodim Lombok Tengah intensifkan prokes jelang Bau Nyale

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022